Atasi Persoalan Jaminan Kesehatan, RSUD Blambangan Bentuk MPP
"Kebanyakan pasien dibawa masuk ke rumah sakit biasanya perawatannya secara umum. Namun setelah pasien tersebut sudah sehat dan bisa pulang , rata-rata masyarakat malah mengajukan SPM," ucap Dr.Rio
Narasinews.id, BANYUWANGI - Direktur RSUD Blambangan, dr. Rio, mengajak masyarakat Banyuwangi aktif bertanya jika ada masalah dalam pelayanan kesehatan melalui Manejer Pendampingan Pasien (MPP).
MPP sendiri sudah berjalan hampir setahun. Dan dinilai sangat tanggap serta selalu aktif dalam persoalan pasien baik pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan.
dr. Rio menjelaskan, MPP bertugas sebagai penjembatan antara pasien dan keluarga pasien, terutama yang berkaitan dengan pembiayaan Yang meliput pengobatan, control rawat jalan serta fasilitas jaminan kesehatan baik BPJS dan SPM.
"Kebanyakan pasien dibawa masuk ke rumah sakit biasanya perawatannya secara umum. Namun setelah pasien tersebut sudah sehat dan bisa pulang , rata-rata masyarakat malah mengajukan SPM," ucapnya, Kamis (15/12/2022)
Selain tugas di RSUD Blambangan, MPP juga melakukan sosialisasi ke setiap kecamatan untuk memberikan arahan agar masyarakat tidak bingung atau takut akan biaya kesehatan. "Ketika ada keluarga pasien yang tidak memiliki BPJS atau SPM, maka MPP siap berkordinasi langsung dengan pihak kelurahan atau Pemdes, Dinkes dan Dinsos Banyuwangi untuk menindaklanjuti yang jadi keluhan masyarakat," tuturnya
dr Rio mengatakan, petugas MPP sudah siap disetiap ruangan rumah sakit plat merah tersebut. "Berawal dari dua orang , saat ini MPP sudah ada di tiap ruang di RSUD dan sudah berstruktur serta ber-SK Direktur," tegasnya. (*)
*Reporter : Emen | Editor : Fathur Rozi
What's Your Reaction?