Antisipasi Lonjakan Pemudik, Gubernur Jatim Pastikan Tol Paspro Siap Difungsikan

.“Salah satunya adalah tol paspro Pasuruan gending ini yang diharapkan bisa memberikan layanan pada saat mudik lebaran nanti,” ujar Gubernur Khofifah

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Gubernur Jatim Pastikan Tol Paspro Siap Difungsikan
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meninjau Tol Paspor yang siap digunakan mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO – Guna mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran di tahun 2023 mendatang, pemerintah berharap Tol Trans Jawa Merak – Probolinggo mampu menjadi solusi.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Senin (10/4/2023), meninjau secara langsung kesiapan Tol Paspro yang berujung di exit toll Gending.

Menurut Khofifah, prediksi pemudik yang akan menuju Jawa Timur tahun ini mencapai 21,3 juta orang. Prediksi ini meningkat dari semula diperkirakan 18,1 juta orang pemudikbyang akan menuju Jawa Timur pada lebaran tahun ini.

Sebagaimana yang disampaikan Presiden RI bahwa Jawa Timur merupakan salah satu tujuan utama pemudik. “Berarti ada tambahan pemudik 3,1 juta orang. Ini artinya bahwa proses untuk bisa melakukan berbagai hal yang bisa mengurangi kemungkinan kemacetan di titik-titik tertentu tentu harus kita lakukan secara lebih komprehensif lagi,” terangnya.

Dalam upaya memberikan layanan yang maksimal bagi pemudik, Gubernur Khofifah akan melakukan berbagai persiapan untuk memberikan layanan transportasi publik yang aman dan nyaman.“Salah satunya adalah tol paspro Pasuruan gending ini yang diharapkan bisa memberikan layanan pada saat mudik lebaran nanti,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun, Tol Paspro ini memilki total panjang 43,75 km terdiri 4 titik. Yaitu titik 1 Grati Pasuruan-Tongas sepanjang 13,5 km, titik 2 Tongas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 km, titik 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 km, titik 4A Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,5 km dan titik 4B sepanjang 3,8 km.

Khofifah menjelaskan ruas tol Probolinggo Timur sejauh 12,5 Km ini, rencananya akan difungsikan pada mudik lebaran tahun ini. Harapannya tol Paspro ini akan dapat mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri.

“Insya Allah mulai tanggal 16 April sudah akan difungsikan sampai dengan 30 April dengan format bahwa tetap ada pintu ini (gerbang tol -red) tetap ditap kartu tol nya dengan posisi bahwa ini nol tarif sampai dengan Probolinggo Timur. Jadi nol tarif sampai Probolinggo Timur,” jelasnya.

Khofifah juga mengatakan bahwa tol Paspro ruas Probolinggo Timur Gending ini, dapat dimanfaatkan bagi pemudik yang memiliki akses kartu tol. Karena meskipun difungsikan dengan tarif Rp 0, tetapi tetap harus melalui pintu tol dengan tapping kartu tol.

"Artinya bahwa mereka yang punya akses kartu tol yang memungkinkan bisa memanfaatkan gending sampai dengan Probolinggo Timur ini,” tegasnya.

Namun hingga saat ini masih ada beberapa hal yang masih perlu diselesaikan sebelum Tol Paspro seksi Probolinggo Timur – Gending mulai difungsikan. Seperti marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas yang belum selesai tuntas 100 persen.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau agar semua pihak bersinergi dalam memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan selama mudik lebaran. Termasuk bagi pengguna jalan agar dapat menggunakan jalan dengan tertib berlalu lintas.

“Kita berharap bahwa apa yang kita lakukan maksimalisasi layanan kepada para pemudik di Idul Fitri 1444 Hijriah sekaligus ini cuti bersam, maka semua elemen masyarakat tentu kita harapkan bisa tetap menjalankan tertib lalu lintas. Sehingga semuanya bisa berseiring dengan harapan mudik bahagia bertemu keluarga,” tandasnya. (*) 

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi