Imigrasi Sediakan Unit Percepatan Pelayanan Paspor di Akhir Pekan

"Semoga dengan adanya kemudahan pelayanan paspor ini, masyarakat semakin terbantu dan kualitas pelayanan imigrasi pun meningkat,”ujar Silmy

Imigrasi Sediakan Unit Percepatan Pelayanan Paspor di Akhir Pekan
Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, mengunjungi UP3 di Pasar Pagi Mangga Dua dan Mall Cibubur Junction. (Foto : Nanda/Narasinews.id)

Narasinews.id, JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, mengunjungi Unit Percepatan Pelayanan Paspor (UP3) di Pasar Pagi Mangga Dua dan Mall Cibubur Junction, Minggu (9/4/2023). Layanan UP3 ini merupakan diperuntukan bagi masyarakat yang tidak memiliki waktu senggang untuk membuat paspor pada hari kerja. 

Menurut Silmy, paspor ini terbit pada hari yang sama dalam waktu 60 menit dengan biaya percepatan Rp1 juta di luar biaya blanko paspor. "Semoga dengan adanya kemudahan pelayanan paspor ini, masyarakat semakin terbantu dan kualitas pelayanan imigrasi pun meningkat,”ujarnya. 

Pada kunjungannya di ULP Mall Cibubur Junction, Dirjen Imigrasi membagikan langsung paspor yang selesai diterbitkan kepada pemohon. Ahmad Gani, Mahasiswa UI jurusan Teknik Industri beruntung bisa menerima langsung paspornya dari Dirjen Imigrasi. Silmy sempat bertanya lama proses dalam menunggu paspor selesai, yang kemudian disampaikan Ahmad Gani durasinya sekitar 60 menit.

Adapun UP3 Pasar Pagi Mangga Dua (Lantai 5) merupakan bagian dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, sedangkan UP3 Mall Cibubur Junction (Lantai 2) merupakan bagian dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Utara dan Jakarta Timur beserta seluruh jajarannya atas dedikasi yang diberikan dalam pelayanan. Tetap berhati-hati dalam menjalankan tugas, dan jaga amanah Petugas Imigrasi sebagai penjaga pintu gerbang negara,” tegas Silmy.

Dilain sisi, para pemohon menyampaikan apresiasi karena program ini tetap berjalan di bulan suci Ramadan. Selain membantu pemohon memang yang memiliki kebutuhan mendesak dalam rangka berobat maupun pekerjaan, program UP3 juga menampung animo masyarakat yang tinggi dalam membuat paspor menyambut liburan Idul Fitri yang kian dekat.

Salah seorang pemohon yang datang untuk penggantian paspor, Floura Ivana mengungkapkan sangat terbantu dengan adanya layanan tersebut.

"Saya merasa sangat terbantu, sebab di hari kerja saya harus izin untuk mengurus paspor dan itu bisa seharian penuh. Unit percepatan ini sangat membantu pegawai-pegawai yang bekerja seperti saya ini,”ucapnya. (*) 

*Reporter : Nanda | Editor : Fathur Rozi