Viral Lagu Jhe' Guragu ala Bung Karna, Berisi Spirit Kepemimpinan Sang Bupati

"Ayo bapak-ibu nyanyi lagi ya, harus sampai hafal. Kalau tidak hafal bantuannya tidak akan saya bagikan dan bapak-ibu tidak boleh pulang," canda Bupati Situbondo

Viral Lagu Jhe' Guragu ala Bung Karna, Berisi Spirit Kepemimpinan Sang Bupati
Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyampaikan sambutan dalam acara Ramadan Bersama Rakyat di Desa/Kecamatan Besuki. (Foto : Dokpim Situbondo for Narasinews.id)

Narasinews.id, SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi, kembali menyelenggarakan program rutin bagi-bagi sembako yang dikemas dalam kegiatan Ramadan Bersama Rakyat. Hanya saja acara kali ini tampak lebih meriah daripada tahun-tahun sebelumnya. Karena selain bagi-bagi sembako, pria yang akrab disapa Bung Karna itu sekaligus memperkenalkan lagu Jhe' Guragu yang berisi spirit kepemimpinan dan kepeduliannya kepada masyarakat.

Bung Karna mengawali kegiatan tersebut di Desa Selobanteng. Kemudian berlanjut ke Desa Banyuglugur; Telempong; Kecamatan Banyuglugur; Kalianget; hingga Besuki.

Di sela-sela acara tersebut, Bung Karna menyempatkan diri untuk menyanyikan lagu Jhe' Guragu bersama kakek-nenek penerima bantuan bahan pangan. 

Jhe' kabetér, jhe' kabetér

Pak Bupati Bung Karna atambe locér

Jhe' gu-ragu, jhe' gu-ragu

Pak Bupati Bung Karna tak kéra buddhu

Begitu penggalan lagu Jhe' Guragu ala Bung Karna. Di mana jika diartikan ke bahasa Indonesia, Bung Karna menegaskan bahwa kepemimpinannya sebagai Bupati bertambah lancar. Melalui lagu itu Bung Karna juga menjamin bahwa kepemimpinannya tidak akan melahirkan kegagalan. 

Masyarakat pun tampak antusias mendengarkan hingga bernyanyi bersama Bupati. Acara penyaluran bantuan pangan pun menjadi sangat cair. Bahkan terlihat kakek-kakek tertawa puas seraya bernyanyi bersama pemimpin daerahnya.

"Ayo bapak-ibu nyanyi lagi ya, harus sampai hafal. Kalau tidak hafal bantuannya tidak akan saya bagikan dan bapak-ibu tidak boleh pulang," canda Bupati Situbondo kepada penerima bantuan bahan pangan, Sabtu (19/3/2023). 

Keseruan tak berhenti di situ. Bung Karna meminta beberapa orang secara khusus menyanyikan lagu tersebut. Yang berhasil langsung mendapat hadiah berupa uang sebesar Rp100 ribu. "Ayo siapa yang bisa saya kasih uang Rp100 ribu," ungkap Bupati. 

Sekedar informasi, Ramadan Bersama Rakyat memasuki tahun ketiga. Program tersebut merupakan janji politik Bung Karna - Nyai Hj. Khoirani ketika mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Situbondo di Pilkada 2020 lalu. 

Dalam kegiatan Ramadan Bersama Rakyat ini Bung Karna dan Nyai Hj. Khoirani berkeliling ke 132 desa dan 4 kelurahan yang ada di Kabupaten Situbondo. Mereka berdua membagikan bantuan bahan pangan kepada 100 orang di setiap desa. (*/adv)

*Reporter: Fathur Rozi | Editor: Izzul Muttaqin