Terima Panji Kirab Pemilu 2024 di Monumen PETA, Begini Harapan Ketua KPU Kota Blitar

"Jadi hari itu adalah hari yang paling istimewa sekali bagi Kota Blitar. Selain penyambutan Bendera Kirab Pemilu 2024 di Monumen PETA, kegiatan selanjutnya adalah Kirab Pemilu keliling Kota Blitar,” tutur Choirul

Terima Panji Kirab Pemilu 2024 di Monumen PETA, Begini Harapan Ketua KPU Kota Blitar
Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam menerima Panji Kirab Pemilu 2024 dari Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa (Foto: Martono/Narasinews.id)

NARASINEWS.ID, BLITAR - Choirul Umam, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar menerima Panji Kirab Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Blitar. Kegiatan ini bertempat bersejarah di Kota Blitar yaitu Monumen PETA, Senin (12/06/2023)

Pelaksanaan Kirab Pemilu 2024 dilaksanakan guna memperkenalkan pemilih dan mendukung berjalanya Pemilu 2024 yang berlangsung selama enam hari. Yakni mulai 12 Juni hingga 18 Juni 2023 di Kota Blitar.

Kepada awak media, Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam, menyampaikan bahwa pemilihan Monumen PETA ditinjau dari sisi historis. Di mana pada tanggal 14 Februari dikenal sebagai hari pemberontakan PETA dan juga tanggal pelaksanaan Pemilu.

Menurut Choirul, pemilihan monumen ini bukan tanpa alasan. Selain alasan historis sejarah panjang perjuangan bangsa yaitu pada 14 Februari sebagai hari pemberontakan PETA dan 14 Februari 2024 juga merupakan hari pemilihan umum.

 

"Jadi hari itu adalah hari yang paling istimewa sekali bagi Kota Blitar. Selain penyambutan Bendera Kirab Pemilu 2024 di Monumen PETA, kegiatan selanjutnya adalah Kirab Pemilu keliling Kota Blitar,” tuturnya.

Lanjut Ketua KPU Kota Blitar, ada pula kegiatan lain seperti sambang pasar, Millenials Election Talk’s, Senam Pemilu 2024 bersama pemilih perempuan, penanaman pohon demokrasi di Taman Kehati Kota Blitar, Fun Walk Election, sosialisasi Pemilu 2024 di Event Blitar Djadoel dan terakhir pemberangkatan Kirab Pemilu 2024 ke Kabupaten Kediri.

Katanya, semua itu adalah bagian dari sosialisasi Pemilu 2024 yang berlangsung selama tujuh hari. Dan selama itu akan terus dilakukan sosialisasi di tiga kecamatan di Kota Blitar.

"Dalam sosialisasi Kirab Pemilu 2024 menyentuh hampir semua segmen. Mulai segmen pemilih pemula, pemilih lansia, dan pemilih wanita. Ada serangkaian kegiatan yang menyentuh hampir semua segmen pemilih,” jelasnya.

Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam berharap Kirab Pemilu 2024 dan sosialisasi di tiga kecamatan se-Kota Blitar berjalan lancar dan dapat mengedukasi masyarakat.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Blitar Santoso, Forkopimda, Kepala OPD di Kota Blitar, Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santosa beserta Komisioner, perwakilan dari partai politik peserta Pemilu 2024.

Pada pelaksanaan Kirab Pemilu 2024 juga diisi dengan pagelaran kesenian tari, barongsai dan juga menyanyikan lagu mars pemilu yang diikuti oleh para pelajar dan diikuti seluruh yang hadir dalam kegiatan ini.

Kirab Pemilu 2024 dimulai sejak 14 Februari 2023. Dimulai dari KPU RI ke KPU Aceh, berlanjut ke, Batam, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku, NTT, Papua dan Jawa Timur. (*) 

*Reporter: Sumartono | Editor: Izzul Muttaqin