Sukses Memanajemen ASN Pemkab Jember, Bupati Hendy Terima Anugerah Meritokrasi 2023

Sukses Memanajemen ASN Pemkab Jember, Bupati Hendy Terima Anugerah Meritokrasi 2023
Bupati Hendy saat menerima penghargaan Anugerah Meritokrasi 2023, di Hotel JW Marriott Yogyakarta, Kamis (7/12/2023).

YOGYAKARTA, NARASINEWS.ID - Pemkab Jember dibawah kepemimpinan Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman tak henti-hentinya menorehkan prestasi. Masih hitungan dua hari sebelumnya, Pemkab Jember memperoleh penghargaan Keterbukaan Informasi Publik pada KI Awards 2023, kini Pemkab Jember kembali mendapat Anugerah Meritokrasi 2023 di Yogyakarta, Kamis lalu (7/12/2023).

Anugerah Meritokrasi sendiri merupakan apresiasi dan bukti atas pelaksanaan sistem merit dalam manajemen ASN di lingkungan Pemkab Jember. Saat penganugerahan itu, diterima langsung oleh Bupati Hendy secara langsung menghadiri dan menerimanya. "Alhamdulillah, kami mendapatkan penghargaan yang istimewa," kata Bupati Hendy.

Menurut Bupati Hendy, penghargaan itu tidak lepas dari dukungan semua pihak selama pihaknya memimpin Jember selama tiga tahun terakhir ini. Termasuk kerja keras yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKPSDM Kabupaten Jember selama ini.

Selain itu, Bupati Hendy menilai penghargaan itu merupakan bukti bahwa ASN di lingkungan Pemkab Jember menjalankan tupoksi secara tepat dan melayani masyarakat dengan baik. Adanya penghargaan itu, bupati memastikan ke depan bakal terus menjaga birokrasi ASN yang unggul dan berakhlak. "Ini juga bukti bahwa Jember memang keren," imbuh Bupati Hendy. 

Untuk diketahui, Penghargaan Meritokrasi merupakan apresiasi dan juga bukti atas pelaksanaan sistem merit dalam manajemen ASN pada penetapan kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi, dan penetapan tingkat kepatuhan penerapan norma dasar, kode etik, serta kode perilaku ASN di instansi pemerintah.

Penilaian sistem merit sendiri merupakan tindak lanjut dari implementasi UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN yang menjelaskan bahwa Sistem Merit berdasar pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. "Tentu akan kita jaga terus penghargaan ini, dengan lebih memperbaiki lagi manajemen ASN untuk pelayanan publik yang lebih maksimal," pungkas Bupati Hendy. (*)