Sejumlah Pejabat di Situbondo Dimutasi, Siapa Menjabat Apa?

"Dengan sisa anggaran yang hanya sekitar Rp600 miliar ini tentunya sulit untuk memberikan daya ungkit kepada masyarakat Situbondo. Oleh karena itu, saya berharap pejabat yang baru dilantik untuk membuat inovasi. Khususnya dalam bidang pelayanan masyarakat," ujar Bung Karna

Sejumlah Pejabat di Situbondo Dimutasi, Siapa Menjabat Apa?
Bupati Situbondo melantik 63 pejabat di Lingkungan Pemkab Situbondo. (Foto : Fathur Rozi/Narasinews.id)

Narasinews.id, SITUBONDO - Pemindahan kursi jabatan dari satu pejabat ke pejabat lain atau yang lebih dikenal mutasi terjadi kepada sejumlah pejabat di Situbondo. Salah satunya Sruwi Hartono, dari yang awalnya menjabat Kabag Umum pada Sekretariat Daerah Situbondo, menjadi Kepala BPBD Situbondo. 

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengatakan ada 63 pejabat di Lingkungan Pemkab Situbondo yang dimutasi. Dirinya berharap dengan adanya pergeseran pejabat tersebut bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menjelaskan, tuntutan masyarakat semakin bertambah. Di sisi lain, APBD Situbondo hanya sekitar Rp1,8 triliun. Di mana dari jumlah tersebut sekitar Rp1,2 triliun nya untuk gaji pegawai dan operasional. 

"Dengan sisa anggaran yang hanya sekitar Rp600 miliar ini tentunya sulit untuk memberikan daya ungkit kepada masyarakat Situbondo. Oleh karena itu, saya berharap pejabat yang baru dilantik untuk membuat inovasi. Khususnya dalam bidang pelayanan masyarakat," ujarnya di Pendapa Arya Situbondo. 

Orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini meminta kepada para pejabat yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi). "Jangan lama-lama menyesuaikan dengan jabatan barunya. Jangan malu-malu untuk belajar ke seniornya," tambahnya. 

Khusus untuk para Camat dan Kepala Puskesmas, Bung Karna meminta agar mereka bisa mengetahui lebih awal segala peristiwa yang terjadi di kecamatan. "Jangan sampai Bupati, Wakil Bupati, DPRD dan Forkopimda tahu lebih awal. Oleh karna itu, sering-seringlah turun ke masyarakat," tegasnya. 

Di hadapan para pejabat yang dilantik, Bupati meminta agar mensosialisasikan segala program kerja yang ada di instansinya masing-masing kepada masyarakat dengan masif. "Untuk camat dan Kepada Puskesmas saya minta sosialisasikan program Sehati (sehat gratis -red) kepada masyarakat. Karena ketika saya turun ke masyarakat, ternyata mereka masih belum banyak yang tau kalau ada program Sehati," bebernya. 

Data yang dihimpun Jurnalis Narasinews.id pejabat yang menduduku Eselon II antaralain :

1. Sruwi Hartono, jabatan lama Kabag Umum pada Sekretariat Daerah Situbondo, jabatan baru Kepala BPBD Situbondo. 

2. Timbul Surjanto, jabatan lama Kabag Perekonomian, Pembangunan dan SDA pada Sekretariat Daerah Situbondo, jabatan baru Kadinsos Situbondo. 

3. Sandy Hendrayono, jabatan lama Direktur RSUD Asembagus, jabatan baru Kadinkes Situbondo. 

Kemudianan sisanya pejabat administrator, pengawas, Kepala Puskesmas. (*/adv) 

*Reporter : Fathur Rozi