Rio Siap-siap Merapat ke PPP Situbondo, Cek Peluangnya Diterima

Rio Siap-siap Merapat ke PPP Situbondo, Cek Peluangnya Diterima
Sosok Rio Patenang, Putra Situbondo yang kerap kali tampil di pentas nasional. (Foto: Rio for Narasinews.id)

NARASINEWS.ID - Sosok Rio Patenang ternyata tidak hanya merapat ke PKB Situbondo. Sebagai Bakal Calon Bupati Situbondo, dia juga berusaha melakukan komunikasi politik dengan berbagai partai lain. Termasuk dengan PPP Situbondo. 

Pria dengan nama lengkap Rio Prayogo ini berencana merapat ke PPP Situbondo. Salah satu partai yang cukup besar di Situbondo ini menjadi 'sasaran' Rio selanjutnya.

"Ya saya akan mendaftar. Saya sudah dikabari sama teman-teman PPP, saya akan mendaftar. Insya Allah akan mendaftar," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei Politika Research and Consulting (PRC) ini,  Kamis (9/5/2024).

Bisa jadi, jika langkah politik Rio bisa merebut tiket Bacabup dari PPP, akan terjadi koalisi antara PKB dan PPP. Dan hal tersebut yang memang sangat diharap oleh Rio Patenang.

Kepada redaksi Narasinews.id, Rio mengatakan bahwa selain urusan menang kalah, ada tujuan khusus dari dirinya maju sebagai Calon Bupati Situbondo. Di antaranya adalah untuk melakukan perbaikan-perbaikan dan menautkan pihak-pihak tertentu yang ada di Kabupaten Situbondo.

"Saya kira ada hal dari sekedar politik yang dipikirkan oleh para elit kita ya, termasuk oleh kita-kita ini. Ada hal yang lebih besar dari politik. Yakni persoalan kemajuan Situbondo, pembangunan Situbondo, kemudian soal kepemimpinan yang mungkin dirasakan oleh para elit ini, agaknya perlu ada perbaikan," ujarnya.

Menurut Rio, jika pihak-pihak yang dia sebut di atas kemudian ditautkan, maka hal-hal seperti perbedaan antara PKB dan PPP menjadi hal nomor dua. "Itu bisa dicek kok bagaimana tiga hal yang saya sebut soal kemajuan Situbondo, kepemimpinan," ucapnya.

Rio juga mengungkapkan bahwa selama ini di Situbondo banyak hal yang belum terungkap. Mungkin elit-elit sudah merasakan.

"Menurut saya gini, kembalikan alam Situbondo pada ranahnya. Bukan sekedar politik menang kalah. Bukan sekedar PKB-PPP. Tapi di atas itu semua ada interkorelasi, ada interkoneksi antara kultur dan non-kultur," ucapnya.

Rio yakin jika interkoneksi terjadi, partai-partai seperti PKB, PPP, maupun partai nasionalis seperti PDIP, Gerindra dan Nasdem tidak hanya akan berbicara soal Pilkada. Melainlan nilai di atasnya.

Persentase Rio Diterima PPP

Saat ditanya berapa persen perkiraan Mas Rio akan diterima PPP, Rio tidak memikirkan itu. Bagi dia, partai mana pun yang membuka pendaftaran dia akan mendaftar.

"Saya tidak berpikir saya punya jaringan di PPP berapa persen, peluang saya bagaimana, saya tidak berpikir ke sana. Ada yang membuka pendaftaran, entah partai apapun itu, saya pasti akan mendaftar," jelasnya.

"Meskipun tentu common sense nya, ini sudah daftar di situ ngapain daftar di situ? Saya gak tahu. Siapa tahu semua partai mau mendukung saya. Kan dimungkinkan secara konstitusional. Kenapa tidak?" ucapnya.