Oknum Deptcolectore di Banyuwangi, Mulai Tak ada Legalitas hingga Bertindak Arogan

"Tidak ada legalitas dari pemerintah dalam hal ini Bakesbangpol. Kalau memang meresahkan dan ada unsur pidana laporkan saja ke Polresta Banyuwangi," ujar Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, Lutfi.

Oknum Deptcolectore di Banyuwangi, Mulai Tak ada Legalitas hingga Bertindak Arogan
Mobil dinas terparkir rapi di kantor OJK Jember. (Foto : Emen/Narasinews.id)

Narasinews.id, BANYUWANGI - Para jasa penagihan atau yang biasa disebut deptcolectore secara legalitas tidak jelas. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, Lutfi. 

"Tidak ada legalitas dari pemerintah dalam hal ini Bakesbangpol. Kalau memang meresahkan dan ada unsur pidana laporkan saja ke Polresta Banyuwangi," ujarnya, Jumat (30/12/2022). 

Hal senada disampaikan oleh Wakil Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi, Iptu Hidayat. Bahkan pihaknya tidak segan-segan menindak oknum deptcolector yang bertindak arogan. "Laporkan jika ada oknum deptcolector yang bertindak di luar batas, akan kami proses sesuai ketentuan hukum yang berlaku," ucapnya.

Di sisi lain, Pegawai Humas OJK, Dandy, menyampaikan pihaknya siap menindaklanjuti jika ada laporan Finance yang melanggar ketentuan dari OJK. "IKNB pengawasannya dari kantor pusat Banyuwangi. Kalau ada yang di luar ketentuan boleh di laporin ke OJK terdekat dulu," bebernya. 

Sementara itu, terkait adanya sweeping atau Sidak yang dilakukan polisi kepada oknum bdeptcolectore yang semena-mena, Kasi Humas Polresta Banyuwangi, Iptu Agus, menyampaikan pihaknya masih bakal mencari informasi terlebih dahulu. "Kami akan mencari informasinya dan kalau bisa laporkan dulu jika ada yang dirugikan," tuturnya melalui sambungan telepon. (*) 

*Reporter : Emen | Editor : Fathur Rozi