Anggota DPR RI Minta Pj Gubenur Aceh Perbaiki Jalan Takengon - Gayo Lues

"Selain dari laporan masyarakat, saya juga sering melintasi jalan tersebut saat kunjungan kerja di wilayah Tengah Aceh," ucap Irmawan

Anggota DPR RI Minta Pj Gubenur Aceh Perbaiki Jalan Takengon - Gayo Lues
Pemotor melintas di ruas Jalan Takengon - Gayo Lues via Bintang. (Foto : Sumardi/Narasinews.id)

Narasinews.id, GAYO LUES - Anggota DPR RI, Irmawan meminta Pejabat (Pj) Gubenur Aceh, Achmad Marzuki, untuk memperbaiki akses Jalan Takengon - Gayo Lues via Bintang. Sebab banyak ruas jalan yang ambles, sehingga membahayakan pengguna jalan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Irmawan usai mendengarkan aspirasi dari masyarakat di wilayah Tengah Aceh, Kamis (29/12/2022). 

Irmawan mengatakan, pihaknya mengkhawatirkan kondisi jalan yang banyak mengalami kerusakan akan memakan korban jiwa. "Selain dari laporan masyarakat, saya juga sering melintasi jalan tersebut saat kunjungan kerja di wilayah Tengah Aceh," ucapnya. 

Menurutnya, ada puluhan titik jalan yang ambles dan itu terdapat di sepanjang Jalan Takengan sampai Simpang Simpil. "Ini sudah terjadi satu hingga tujuh tahun yang lalu. Untuk tingkat amblesnya mulai dari 1 sampai 50 meter," tambah Irmawan. 

Irmawan menegaskan, bila Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh tidak mampu menangani kerusakan jalan tersebut, dia meminta Pj Gubenur untuk menyerahkan perbaikan jalan ke pemerintahan pusat, sehingga dapat ditangani oleh APBN. 

"Kasihan masyarakat Aceh yang selalu memamfaatkan jalan tersebut. Terutama para pedagang dari pesisir yang sering mengalami kerusakan mobil akibat kerusakan jalan," tuturnya. 

Sementara itu, yafruddin salah satu warga Gayo Lues, menjelaskan jalan Gayo Lues -Takengon via Bintang menjadi akses utama bagi masyarakat Aceh untuk beraktivitas. "Untuk akses Jalan Negara Gayo Lues - Takengon via Isak, mulai tidak digunakan oleh warga akibat rentang jarak yang jauh," ujarnya. (*) 

*Reporter : Sumardi | Editor : Fathur Rozi