Kubangan Air Limbah PT Charoen Pok Phand Jaya Farm Memakan Korban Jiwa

Kubangan Air Limbah PT Charoen Pok Phand Jaya Farm Memakan Korban Jiwa
Kubangan Air Limbah PT Charoen Pokphand Jaya Farm Bangsri Brebes. (Foto: Ismail/Narasinews.id)

NARASINEWS.ID - Seorang anak laki-laki meninggal dunia akibat tenggelam di kubangan air limbah PT Charoen Pok Phand Jaya Farm di Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Minggu,(28/4/2024).

Diketahui korban bernama Ardi Nursaid. Anak 12 tahun putra merupakan putra dari Komari, warga Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes.

Menurut keterangan Komari, awalnya anaknya itu bersama teman mainnya pergi untuk berenang di lahan galian dekat PT Charoen Pok Phand Jaya Farm sekitar pukul 10:30 wib.

"Namun setelah pukul 15.30 wib, salah satu temanya yang bernama Exel datang ke rumah. Dia memberitahukan ke istri saya. Katanya, tadi Ardi bermain bareng saya dengan naik turun dan berenang di kubangan air di galian dekat PT Charoen Pokphand Phand Jaya Farm. Tetapi selang beberapa jam bermain, saya tidak melihat lagi Ardi." ucapnya menirukan si pelapor. 

Ibu korban pun panik dan bergegas mencari korban. Dia juga mendatangi lokasi kejadian. 

"Setelah saya mendengar kabar itu, saya dengan dibantu warga sekitar langsung bergegas mendatangi lokasi untuk mengecek tempat bermainya Ardi dan teman-temannya," ujarnya.

Menurut Komari, proses pencarian tidak memakan waktu panjang. Bahkan kurang dari satu jam, korban sudah ditemukan. Tepatnya di lahan galian PT Charoen Pok Phand Jaya Farm dalam keadaan meninggal dunia.

"Dengan kejadian ini, saya merasa sangat terpukul dan sedih. Kami meminta agar pihak berwajib, aparatur penegak hukum (APH), mengungkap kasus ini dengan sebenar-benarnya agar terang benderang sebab dan akibatnya," harap Komari.

Dan ia akan menuntut kepada pihak perusahaan jika benar kejadian tenggelamnya anaknya akibat kelalaian pihak perusahaan dalam SOP keselamatan. Dia juga mempertanyakan mengapa ada galian lahan yang luas untuk limbah perusahaan tanpa ada pagar keliling untuk pengamanan. 

"Saya berharap kepada pihak perusahaan agar menerapkan setandar operasional prosedur (SOP) keselamatan dan segera membangun pagar keliling untuk keselamatan warga. Supaya kedepan tidak ada kejadian yang serupa terulang kembali," ungkapnya.

Sementara sampai berita ini diterbitkan, pihak PT Charoen Pok Phand Jaya Farm di Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes belum bisa dimintai keterangan.