Kabupaten Malang Dapat Jatah Program PTSL Terbanyak di Jatim Tahun 2023

"Alhamdulillah untuk Kabupaten Malang tahun ini mendapatkan jatah sertifikat PTSL terbanyak se-Jatim," ungkap Bupati Malang

Kabupaten Malang Dapat Jatah Program PTSL Terbanyak di Jatim Tahun 2023
Bupati Malang H.M Sanusi (kanan) menyerahkan sertifikat program PTSL kepada masyarakat di Desa Bululawang. Proses penyerahan didampingi Kepala Kantor ATR BPN Kabupaten Malang La Ode Asrafil (kiri)

MALANG, NARASINEWS.ID – Kabupaten Malang mendapatkan jatah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) terbanyak di tahun 2023. 

Menurut Bupati Malang, H.M Sanusi, Kementrian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meminta jajaran di daerah untuk segera menyelesaikan program PTSL sesuai jadwal.

"Alhamdulillah untuk Kabupaten Malang tahun ini mendapatkan jatah sertifikat PTSL terbanyak se-Jatim," ungkap Bupati Malang penuh kebanggaan saat pembagian PTSL di Desa Bululawang, Senin (5/6/2023) siang.

Pria yang akrab disapa Abah Sanusi ini menambahkan, berkat kerja keras Bersama, tanah wakaf sebanyak 500 bidang bisa selesai dalam waktu satu bulan tanpa harus bayar atau gratis.

 ta

"Saya minta kepada Pak La Ode tidak usah pindah dulu dari Kabupaten Malang sampai semua urusan PTSL selesai. Termasuk kemaren menyelesaikan tanah wakaf kurang lebih 500 bidang tanpa bayar karena sudah dibayar Pemkab Malang," jelas Bupati Malang.

Sementara itu, Kepala Kantor ATR BPN Kabupaten Malang, La Ode Asrafil menyebutkan bahwa di Kabupaten Malang tahun 2023 ada 53 ribu bidang tanah yang masuk program PTSL. Selain itu masih ada program program yang lain di luar PTSL.

"Sertifikasi distribusi tahun ini ada 1.144 bidang. Ada juga sertifikasi Lintor (Lintas Sektor) kerjasama dengan perikanan UMKM ada 875 bidang. Juga ada tanah ibadah sertifikasi. Jadi semua tanah ibadah. Dan untuk tahun ini tanah wakaf sebanyak 625 bidang. Penyerahan sertifikasi tanah wakaf rencananya akan diserahkan langsung oleh Menteri ATR BPN," terang La Ode.

Pada tahun 2023 ini, di Kabupaten Malang ada 19 desa dengan 5 kecamatan yang melaksanakan program PTSL dengan 53 ribu bidang tanah. "Mudah-mudahan nanti pada bulan Oktober kita sudah menyerahkan secara keseluruhan. Jadi kita tuntaskan 100 persen," tandasnya.

Untuk Desa Bululawang, tahun ini mendapatkan 1500 kuota bidang tanah PTSL yang hari ini dibagikan 500 sertifikat bidang tanah. Sampai hari ini kantor ATR BPN Kabupaten Malang telah terealisasi sebanyak 60 persen bidang tanah, ada sekitar 40 persen bidang tanah yang belum.Program PTSL Kabupaten Malang Terbanyak Di Jawa Timur. (*)

*Reporter: Ahmad Suseno | Editor: Izzul Muttaqin