Jember Kini Punya Pelayanan Karantina Pertanian

“Ini gayung bersambut, kami mempunyai potensi bidang pertanian yang cukup tinggi, bahkan Jember pernah mendapatkan penghargaan sebagai daerah dengan ketahanan pangan terbaik, tentu saja memerlukan sarana pendukung, salah satunya ialah layanan karantina pertanian,” ujar Bupati Jember, Hendy Siswanto

Jember Kini Punya Pelayanan Karantina Pertanian
Bupati Jember, Hendy Siswanto menyampaikan sambutan dalam acara Launching Pelayanan Karantina Pertanian. (Foto : Sutrisno/Narasinews.id)

Narasinews.id, JEMBER, Kabar gembira bagi para pelaku usaha sektor pertanian, kebutuhan akan pengiriman semakin mudah. Sebab Kabupaten Jember telah meresmikan pelayanan karantina pertanian di Kantor Pos Indonesia Cabang Utama Jember.

Dengan adanya pelayanan karantina pertanian ini, para pelaku usaha sektor pertanian di Kabupaten Jember dan daerah sekitar, yang akan mengirimkan tanaman maupun hewan, cukup mengurus di Jember.

“Ini gayung bersambut, kami mempunyai potensi bidang pertanian yang cukup tinggi, bahkan Jember pernah mendapatkan penghargaan sebagai daerah dengan ketahanan pangan terbaik, tentu saja memerlukan sarana pendukung, salah satunya ialah layanan karantina pertanian,” ujar Bupati Jember, Hendy Siswanto, Senin (20/3/2023). 

Bupati Hendy juga menyampaikan bahwa Kabupaten Jember sedang berupaya membangun pabrik pupuk organik saat ini untuk memperkuat sektor pertanian lokalnya. Ia berkeyaninan, dengan adanya pabrik pupuk organik milik Pemkab Jember, maka kebutuhan akan pupuk akan terakomodir dengan baik, dan swasembada pangan akan terwujud.

“Karantina pertanian resmi beroperasi mulai hari ini, selanjutnya kami akan membangun pelabuhan, mohon doa dan dukungannya agar segera terwujud,” lanjut Bupati Hendy.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Cicik Sri Sukarsih berujar, sertifikasi karantina pertanian menjadi syarat pengiriman komoditas tanaman maupun hewan, dengan wilayah pengiriman di dalam negeri maupun luar negeri.

“Sertifikasi karantina pertanian ini bertugas untuk mencegah masuk keluarnya dan tersebarnya organisme pengganggu tumbuhan karantina, dan hama pengganggu hewan karantina,” ujar Cicik dalam sambutannya.

Cicik menambahkan, pelayanan karantina pertanian di Kantor Pos Indonesia Cabang Utama Jember ini merupakan tindak lanjut intruksi Menteri Pertanian yang menyatakan bahwa Kantor Pos Jember merupakan salah satu titik masuk keluarnya organisme pengganggu tumbuhan, dan hama pengganggu hewan. (*) 

*Reporter : Sutrisno