Hardiknas 2023, Bupati Malang Minta Semarakkan Merdeka Belajar

Hardiknas 2023, Bupati Malang Minta Semarakkan Merdeka Belajar
Bupati Malang, Sanusi memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023. (Foto : Suseno/Narasinews.id)

Narasinews.id, MALANG - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023, Bupati Malang, Sanusi meminta insan pendidikan untuk bergerak bersama menyemarakkan program merdeka belajar. Hal disampaikannya usai memimpin Upacara Hardiknas 2023 di Pendapa Agung, Selasa (2/5/2023).

Sanusi mengatakan, dengan menyemarakkan merdeka belajar, agar para murid dan guru diberikan kebebasan mengembangkan bakat kemampuan. 

''Mari kita bergerak bersama menyemarakkan program merdeka belajar. Artinya ke depan anak didik kita bersama para guru diberi kebebasan untuk mengembangkan bakat dan minat serta potensi anak didik agar nanti anak-anak itu bisa berkembang sesuai bakat dan kemampuan. Sehingga pendidikan betul-betul mengenal dan menyasar terhadap apa yang menjadi kemauan anak itu," ujar Bupati Malang H.M Sanusi saat ditemui awak media usai upacara Hardiknas 2023.

Bupati Sanusi menekannkan, program pembangunan pendidikan di Kabupaten Malang arahnya menjadi pelajar yang kreatif. "Arah pendidikan kita nanti semua ke sana. Saya meminta kepada semua guru untuk bergerak berpacu dalam menggerakkan minat anak agar, nanti mulai sejak pendidikan dasar sudah berkreasi kreatif dan besar menjadi anak-anak mahasiswa atau orang-orang yang kreatif, tanpa kreativitas kita selalu ketinggalan dari negara-negara lain," tegasnya. 

Untuk menunjang sarana dan prasarana dunia pendidikan di Kabupaten Malang, pihaknya akan menata semua. "Seperti, ke depan gedung itu menjadi fokus karena pendidikan akan berbasis digital, Sehingga tidak memerlukan tempat atau ruang yang luas tetapi memanfaatkan ruang yang ada untuk lebih maksimal digunakan untuk kegiatan aktivitas belajar dan mengajar," beber orang nomor satu di Kabupaten Malang.

Untuk SMK Animasi dengan tidak memerlukan kelas yang lebar, namun semua sudah berbasis digital pendidikan. Selain itu, ruang kelas yang rusak, dari hasil disurvey ini baik di SD maupun SMP itu akan dilakukan merger semua karena muridnya tidak ada atau jumlahnya kecil. 

"Anggaran rehab pendidikan mulai tahun ini sudah dianggarkan dan sekarang sudah banyak sekolah yang bangunannya rusak sudah dilakukan rehab," tandas Abah Sanusi.

Bupati Malang juga menyerahkan penghargaan kepada pelajar dan guru yang berprestasi ditingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat basional.

Hadir pada upacara Hardiknas 2023 ini, Wakil Bupati Malang, Sekretaris Daerah, Forkopimda, dan peserta upacara diikuti para ASN, Guru dan korwil pendidikan Kabupaten Malang, mahasiswa dan pelajar. (*) 

*Reporter : Suseno | Editor : Fathur Rozi