Gelar HBDI, HIPPINDO Dorong Percepatan Ekonomi Nasional

Gelaran HBDI tidak hanya mengenai pesta diskon saja, namun juga mengenalkan wastra Indonesia mulai dari batik, songket, tenun dan kain ikat yang digunakan sebagai logo HBDI yang setiap tahun nya berganti-ganti.

Gelar HBDI, HIPPINDO Dorong Percepatan Ekonomi Nasional
Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah. (Foto: Istimewa)

Jakarta, NARASINEWS.ID - Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengatakan, HIPPINDO senantiasa mengambil bagian dalam kegiatan yang mendorong percepatan ekonomi nasional.

HIPPINDO juga mengadakan sosialisasi acara Hari Belanja Diskon Indonesia/Happy Birthday Indonesia (HBDI) Tahun 2023 yang ke-7. Hal ini bertepatan juga dengan Hari Ulang Tahun HIPPINDO yang Ke-7 yang berlangsung di Kementerian Perdagangan, Kamis (8/6/2023).

"HBDI akan berlangsung dari tanggal 14-27 Agustus," ucapnya.

Gelaran HBDI tidak hanya mengenai pesta diskon saja, namun juga mengenalkan wastra Indonesia mulai dari batik, songket, tenun dan kain ikat yang digunakan sebagai logo HBDI yang setiap tahun nya berganti-ganti.

“HBDI Tahun ini berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung program Sukses Jakarta Untuk Indonesia, motif batik betawi kami angkat menjadi logo HBDI Tahun 2023 ini. Mari kita sukseskan HBDI untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, ujar Budihardjo.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan, HIPPINDO merupakan salah satu himpunan/asosiasi yang sangat aktif. Dia juga mengapresiasi HIPPINDO karena  program-programnya terutama Hari Belanja Diskon Indonesia dengan promo-promo yang menarik.

Angela juga menjelaskan, target pariwisata kita ditahun ini wisatawan nusantara sebesar 1,4 Millyar pergerakan dengan pergerakan ekonomi sebesar 3.800T. Wisatawan Mancanegara sebesar 8,5 juta dengan perkiraan devisa 140T. Rata-rata pengeluaran dari wisatawan negara 17%, shopping/ belanja 12,44%,  souvenir 5,4%. Wisatawan mancanegara, makan minum sebesar 21,94%, belanja 10% dan souvenir 3,2% (berdasarkan data 2021). Makan minum dan shopping trend nya meningkat setiap tahun.

“Mari kita duduk bersama Pak Wamen dan HIPPINDO untuk mendalami lebih lanjut terkait duty free program karena banyak riset menunjukkan bahwa dengan program seperti ini bisa meningkatkan tidak hanya ekonomi, lapangan pekerjaan, investasi dan lain sebagainya ini cocok sekali dan Ketika kita membranding duty free program ini kalau dari kacamata pariwisata ini nanti para wisatawan ketika mereka mau datang ke Indonesia sudah ada intensi berbelanja ,” lanjut Wamenparekraf.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, kinerja perdagangan Republik Indonesia untuk tahun 2023, kondisi bagus, positif, kondusif dan selalu mengalami surplus neraca perdagangan artinya mencapai keadaan ekspor kita lebih besar daripada impor. Angkanya surplus mencapai angka 54,46 USD (tertinggi), 36 bulan berturut-turut surplus dan tidak pernah defisit dan merupakan pencapaian yang luar biasa. Dimana ekonomi growth kita stabil di angka 5,3%, inflasi dibawah 6%.

“Salah satu stakeholders yang paling aktif saya sebut dengan penuh hormat Pak Ketua kita Pak Budi yang selama ini selalu memberikan perhatian yang baik, saya ingat waktu covid tahun 2020-2021 kita bikin dulu vaksin-vaksin kerjasama dengan Kemendag malah saya usul yang sudah vaksin dikasih diskon atau voucher belanja dan sudah teralisasi. Belanja Diskon minatnya pasti banyak, saya sangat bangga dan gembira dengan inisiasi semacam ini,” tambah Wamendag.