Dua Bus Adu Moncong di Jalur Pantura Paiton, Tujuh Penumpang Luka

"Dugaan awal penyebab kecelakaan berasal dari bus pariwisata yang dikemudikan Eko. Karena lalai dalam mengemudikan kendaraannya dan tidak memperhatikan tata cara mendahului,” ujar Ipda Aditya Wikrama

Dua Bus Adu Moncong di Jalur Pantura Paiton, Tujuh Penumpang Luka
Polantas Polres Probolinggo melakukan olah TKP Laka Lantas yang melibatkan dua bus di Jalur Pantura, Paiton. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO – Bus pariwisata dengan Nopol W 7472 UA yang dikemudikan Eko Setyono terlibat Laka Lantas dengan bus Hino dengan Nopol B 7318 FGA yang dikemudikan oleh Sony, Minggu (25/12/2022). Peristiwa nahas tersebut terjadi di Jalan Raya Pantura, Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo

Menurut Kanit Laka Satlantas Polres Probolinggo, Ipda Aditya Wikrama, Laka Lantas tersebut terjadi sekitar pukul pukul 15.45 WIB. "Dugaan awal penyebab kecelakaan berasal dari bus pariwisata yang dikemudikan Eko. Karena lalai dalam mengemudikan kendaraannya dan tidak memperhatikan tata cara mendahului,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Aditya menyampaikan, bus pariwisata yang dikemudikan Eko, membawa sebanyak 66 penumpang dari arah Bayuwangi. Sesampai di TKP, Eko berusaha menyalip kendaraan yang sejalur dengannya. Karena tidak menguasai medan serta kurang memperhatikan tata cara menyalip, akhirnya dari arah berlawanan nampak bus Hino yang di kemudikan Sony. 

“Karena bus yang bernopol W 7472 UA melum masuk ke jalurnya usai menyalip, akhirnya adu moncong pun tidak bisa dihindarkan lagi. Untuk menghindari kecelakaan, bus Hino yang berplat B 7418 FGA membanting setir ke kiri, hingga bersenggolah dengan busnya Eko hingga masuk ke SPBU Karanganyar dan menabrak tembok,” benernya. 

Akibat Laka Lantas itu tujuh penumpang mengalami luka-luka dan harus menjalani perawatan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. 

Berikut tujuh korban Laka Lantas tersebut : 

1. Sandi Setiawan, warga Desa Kalipare, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang. Pnumpang bus HINO, duduk di kursi belakang nomor dua sebelah kanan. 

2. Soni Geri Saputra, warga Kelurahan Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya. Penumpang bus HINO, duduk di kursi paling belakang sebelah kiri. 

3. Rohman Al Jabar, warga Jalan Gebang Kidul, Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Penumpang bus HINO, duduk di kursi belakang nomor lima sebelah kanan. 

4. Ardi Kristanto, warga Bangkinang Timur, Kota Surabaya. Penumpang bus HINO, duduk paling belakang sebelah kiri. 

5. Agus Sulistiyo, warga Jalan Simo Wau Indah, Kecamatan Taman, Kota Surabaya. Penumpang bus HINO, duduk di kursi nomor dua dari belakang sebelah kiri. 

6. Sonjoyo, warga Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Penumpang bus HINO, duduk di kursi belakang paling kiri. 

7. Rinni Herawati, warga Jalan Lida Wetan, Kelurahan Lakarsantri, Kecamatan Wiyung, Surabaya. Penumpang bus HINO, duduk di dekat pintu belakang. (*)

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi