Dinas Pariwisata Raja Ampat Beri Pelatihan Kepada Puluhan 'Renger'

"Saya berharap agar Dinas pariwisata terus melakukan monitoring di lapangan seusai pelatihan ini. Agar para peserta pelatihan ini terus dibimbing dan dilatih sehingga menjadi pemandu yang handal pada bidangnya", pinta Bupati.

Dinas Pariwisata Raja Ampat Beri Pelatihan Kepada Puluhan 'Renger'
Puluhan Renger (Tour Guide) di Raja Ampat mengikuti pelatihan yang digelar Dinas Pariwisata. (Foto : Macap/Narasinews.id)

Narasinews.id, RAJA AMPAT - Sebagai salah satu daerah wisata di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, Raja Ampat terus boboti pemandu-pemandu wisatanya dengan pelatihan dan bimbingan teknis untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman pemandu.

Untuk peningkatan kualitas pemandu tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya menggelar pelatihan bagi pemandu 'Rangers' di Kota Waisai dan dibuka secara resmi oleh Bupati Abdul Faris Umlati, melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum, Senin (20/3/2023).

Dalam sambutannya, Bupati menyambut baik adanya kegiatan pelatihan yang tenga digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat tersebut. Menurut Bupati AFU, pelatihan dan bimbingan semacam ini sangat penting dilakukan. Sebab, Renger' atau Guide Tour ini merupak komponen penting dalam pengembangan sektor pariwisata di Raja Ampat.

Mengingat Pariwisata Sebagai salah satu sektor unggulan di Raja Ampat, maka peningkatan kapasitas bagi para pemandu amat sangat penting, sehingga dapat memberikan pelayanan prima, menginformasikan jalur ataupun lintasan yang akan dilalui wisatawan.

 Tingkat pelayanan yang baik akan dapat berpengaruh pada peningkatan arus kunjungan wisatawan ke daerah yang dijuluki ' Patahan surga yang jatuh ke bumi' tersebut.

"Saya berharap agar Dinas pariwisata terus melakukan monitoring di lapangan seusai pelatihan ini. Agar para peserta pelatihan ini terus dibimbing dan dilatih sehingga menjadi pemandu yang handal pada bidangnya", pinta Bupati.

ditemui di tempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Ellen Risamasu, menyatakan, Program Pelatihan bagi pemandu 'Rangers' ini tujuannya untuk meningkatkan kualitas pemandu wisata di Raja Ampat yang mumpuni.

"Para pemandu di Raja Ampat ini harus memberikan pelayanan yang prima sehingga dapat menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang datang dan berwisata di Raja Ampat", jelas Ellen.

Melalui kegiatan pelatihan yang melibatkan puluhan pemandu 'Rangers' di Raja Ampat itu, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pemandu dan tentunya dapat berkontribusi kepada kemajuan sektor pariwisata di Raja Ampat.

Kegiatan pelatihan itu setidaknya dihadiri oleh 30 peserta serta. Sementara pelaksanakan pelatihan tersebut dilangsungkan selama 2 hari, yakni mulai pada hari Senin 20 Maret hingga Selasa 21 Maret hari esok. 

Untuk diketahui,Rangers atau biasanya disebut Tour Guide merupakan pemandu yang mengarahkan perjalanan bagi para wisatawan dengan menginformasikan jalur atau lintasan yang akan dilalui dan beberapa detail selama trekking. (*) 

*Reporter : Macap | Editor : Fathur Rozi