Bupati Jember Apresiasi BSI Buka UMKM Center

"Ada sekitar empat juta pelaku UMKM di Jawa Timur Timur dari tayangan video tadi. Di mana 15 persennya itu ada di Jember atau 675 ribu UMKM datanya seperti itu. Yang aktif 135 ribu," ucap Bupati Jember, Hendy Siswanto.

Bupati Jember Apresiasi BSI Buka UMKM Center
Bupati Hendy (pakai sarung) foto bersama seusai acara peresmian Event Life With BSI Expo di Jember Roxy Square, Kecamatan Kaliwates. (Foto : Fathur Rozi/Narasinews.id)

Narasinews.id, JEMBER - Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengapresiasi Bank Syariah Indonesia (BSI) yang telah membuka Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Center di Surabaya. Hal tersebut disampaikan Hendy saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Event Life With BSI Expo, Jumat (25/11/2022). Acara tersebut berlangsung di Jember Roxy Square, Kecamatan Kaliwates. 

"Ada sekitar empat juta pelaku UMKM di Jawa Timur Timur dari tayangan video tadi. Di mana 15 persennya itu ada di Jember atau 675 ribu UMKM datanya seperti itu. Yang aktif 135 ribu," ucapnya. 

Namun menurut orang nomor satu di Kota Tembakau ini, masih banyak pelaku UMKM yang gagal. "Alhamdulillah bapak jarang berhasil, ini kesalahan kita. Dan ini perlu kita pikirkan bersama-sama," imbuhnya. 

Hendy melanjutkan, ada tiga hal mendasar yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM. Yakni pembiayaan, pendampingan dan pemasaran. "UMKM berdiri karena punya keahlian membuat produk dan dijual laku. Akhirnya jadilah UMKM, tapi ahli apa tidak mereka dalam manajemen dan marketingnya? Tidak pak, hanya sebagian kecil aja yang pintar," tegasnya. 

Oleh karena itu, dengan 2,6 juta penduduk di Kabupaten Jember, seharusnya menjadi peluang emas bagi pelaku UMKM di Kota Tembakau. "Dan ini kesempatan yang luar biasa untuk BSI masuk di dalamnya. Saya sangat berharap sekali BSI bisa berkolaborasi dengan UMKM kami," pungkasnya. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi | Editor : Izzul Muttaqin