Antusias, Puluhan Kades Ikuti Kursus Kepemimpinan Peningkatan Kapasitas SDM

"Ada 126 Kades yang menjadi peserta, namun di angkat pertama ini sementara 80 yang jadi peserta," ujar Kabid Pemerintahan Desa pada DPMD Jember, Nunung Agus Andriyanto.

Antusias, Puluhan Kades Ikuti Kursus Kepemimpinan Peningkatan Kapasitas SDM
Kabid Pemerintahan Desa pada DPMD Jember, Nunung Agus Andriyanto, menyampaikan keterangan pers kepada awak media seusai acara Kursus Kepemimpinan Peningkatan Kapasitas SDM Bagi Kades Angkatan 1 Tahun 2022. (Foto : Fathur Rozi/Narasinews.id)

Narasinews.id, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar Kursus Kepemimpinan Peningkatan Kapasitas SDM Bagi Kades Angkatan 1 Tahun 2022, Sabtu (26/11/2022). Acara tersebut berlangsung di di Aula Secaba. 

Menurut Kabid Pemerintahan Desa pada DPMD Jember, Nunung Agus Andriyanto, ada 80 Kades yang baru menjabat sebagai peserta dalam kegiatan tersebut. "Ada 126 Kades yang menjadi peserta, namun di angkat pertama ini sementara 80 yang jadi peserta," ujarnya kepada awak media. 

Menurut Nunung, tujuan dari kursus ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Kades yang baru terpilih di Kabupaten Jember. "Karena baru 80 yang ikut, maka petunjuk pimpinan akan ada gelombang kedua, ketiga dan seterusnya," bebernya. 

Lebih lanjut, Nunung menyampaikan, pihaknya juga berencana menggelar pelatihan untuk operator desa. "Acaranya berlangsung selama tiga hari. Untuk materinya manajemen pengelolaan keuangan, pembangunan dan potensi desa," tegasnya. 

Ia pun berpesan kepada para Kades yang baru menjabat untuk mengelola keuangan desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. "Kalau itu sudah dilakukan, Insya Allah aman. Karena semua progam, semua kegiatan ada regulasinya," pungkas Nunung. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi | Editor : Izzul Muttaqin