Ancaman Gunung Bromo di Depan Mata

“Kita himbau, untuk pengunjung, wisatawan maupun pendaki agar tidak memasuki Kawasan Gunung Bromo dalam radius satu kilometer dari pusat kawah,” terang Wahyu Andrian Kusuma

Ancaman Gunung Bromo di Depan Mata
Kepulan asap putih menyelimuti Gunung Bromo. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO – Status Gunung Bromo kembali memasuki Level II (Waspada), Sabtu (4/2/2023). Untuk itu, PVMBG mengimbau kepada wisatawan, pedagang, dan masyarakat Tengger untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Berdasarkan pengamatan Pos Pantau Gunung Bromo, visual gunung api tersebut terlihat jelas. Dengan asap kawah putih teramati berintensitas sedang hingga setinggi 50 sampai 300 meter di atas puncak kawah.

Anggin di gunung yang berketinggian 2329 MDPL tersebut bertiup ke arah timur laut, dan tenggara. Sedangkan untuk suhu udara mencapai 12 hingga 20 derajat celcius.

Wahyu Andrian Kusuma, Petugas Pos Pantau Gunung Bromo, menjelaskan saat ini masih tercium bau belerang yang sangat menyengat di Gunung Bromo. “Kita himbau, untuk pengunjung, wisatawan maupun pendaki agar tidak memasuki Kawasan Gunung Bromo dalam radius satu kilometer dari pusat kawah,” terangnya.

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan, jika hal tersebut dilakukan guna mewaspadai adanya letusan freatik yang sifatnya tiba-tiba. "Dan itu tanpa adanya tanda-tanda aktivitas vulkanik," tegasnya. (*) 

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi