Relawan digembleng Responsif Tanggap Bencana oleh Pemkab Jember

Relawan digembleng Responsif Tanggap Bencana oleh Pemkab Jember
Bupati Hendy disela-sela kegiatan workshop untuk para anggota tanggap Kebencanaan Se-kabupaten Jember.

JEMBER, NARASINEWS.ID - Pemkab Jember melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, bersama Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI), menyelenggarakan Workshop Management Dasar Kebencanaan. 

Workshop itu dilakukan sebagai bentuk upaya Pemkab Jember menuju Kabupaten Jember Tangguh Bencana. Sementara peserta yang hadir merupakan anggota tanggap bencana, atau relawan kebencanaan yang berada di seluruh Kecamatan yang ada di Jember. 

Pada kesempatan ini hadir Bupati Jember Hendy Siswanto beserta Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman. Juga Sekda Jember Hadi Sasmito, Kepala BPBD Jember Widodo Julianto, dan Ketua Dewan Penasehat Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia, Syamsul Ma'rif, serta para tamu undangan yang hadir. 

"Kita harus sering melakukan simulasi bencana. Karena dengan adanya simulasi akan timbul kepekaan jika terjadi bencana yang sesungguhnya. Dan perlu edukasi dan kebiasaan terhadap masyarakat sekitar yang berada di daerah rawan bencana. Maka dari itu perlu adanya agenda seperti Workshop ini." tutur Bupati Hendy, dalam arahannya saat itu.

Menurut Bupati Hendy, pemerintah maupun masyarakat dituntut senantiasa siap menghadapi setiap bencana yang datang tanpa mengenal tempat dan waktu. Sehingga upaya dan edukasi mitigasi kebencanaan dirasa perlu. "Bencana tidak pernah bisa diprediksi datangnya. Sehingga perlu adannya upaya dan strategi dalam mempersiapkan datangnya," tutur bupati. 

Bupati Hendy berharap agar semua elemen mempersiapkan dan mengingatkan apabila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi seperti bencana. Sehingga dapat meminimalisir adanya jatuh korban. "Selain itu ilmu tidak kalah penting jika bencana melanda. Agar kita sebisa mungkin selalu siap dan sigap apabila bencana itu datang," pungkas Bupati Hendy. (*)