Pj Wali Kota Malang Akan Sinkronkan Program Antar OPD

"Salah satu contoh, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan kemampuan SDM mereka tidak hanya menerima bantuan, namun dengan kemampuannya, tahapan menuju ke arah program tersebut bisa terlaksana," beber Wahyu Hidayat

Pj Wali Kota Malang Akan Sinkronkan Program Antar OPD
Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika (kanan) bersama Pj Wali Kota Wahyu Hidayat (tengah) dan Sekretaris Daerah saat rapat koordinasi dengan pihak Legislatif

MALANG, NARASINEWS.ID - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, akan terus mengevaluasi dan menyinkronkan beberapa program di organisasi perangkat daerah (OPD).

Menurut Wahyu Hidayat, dengan keterbatasan anggaran APBD Perubahan TA 2023, ada beberapa yang akan menjadi OPD pengampu dalam pelayanan program kemiskinan ekstrem. 

"Salah satu contoh, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan kemampuan SDM mereka tidak hanya menerima bantuan, namun dengan kemampuannya, tahapan menuju ke arah program tersebut bisa terlaksana," bebernya saat berkoordinasi dengan jajaran anggota DPRD Kota Malang, Rabu (27/9/2023).

Wahyu Hidayat menambahkan, dia sudah menerima laporan dari dinas sosial terkait program kemiskinan ekstrem di Kota Malang ini, saat digelar rapat koordinasi, memilah mana yang menjadi skala prioritas program ini.

"Kemarin saat kita kumpulkan (rapat) standarisasi program kemiskinan ekstrem ini, kemar8n kan masih bersifat umum, nanti kita pilah, kalau itu menjadi hal prioritas kita rapatkan kembali," kata mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Malang ini.

Pihaknya mengajak OPD sowan ke jajaran DPRD Kota Malang untuk sinergitas kinerja, agar bisa menjadi lebih baik lagi, yang paling utama, antara eksekutif dan legislatif terjadi keharmonisan dalam menuntaskan program skala prioritas bisa terlaksana.

"Kami (Eksekutif) ingin ada sinergitas yang baik dengan DPRD Kota Malang, dari sinergitas ini ada point penting yang perlu dibicarakan bersama, salah satunya ada permintaan dari legislatif untuk meningkatkan keharmonisan eksekutif dan legislatif agar ada program yang kita prioritaskan selama saya menjabat agar terealisasi," tandas Wahyu Hidayat.

Dia tidak melihat program di OPD apa saja tapi Wahyu akan menghimpun seluruh program dan meminta masukan dari pihak legislatif, setelah itu baru dibahas antara dia dengan Sekda Kota Malang mana saja yang menjadi skala prioritas.

"Di masa jabatan saya yang terbatas, saya bahas dengan Pak Sekda mana yang menjadi program skala prioritas yang bisa direalisasikan, dan itu menjadi pekerjaan utama kita, ada beberapa program yang menjadi prioritas seperti penurunan angka stunting, banjir, kemacetan dan inflasi itu merupakan salah satu skala prioritas yang harus dilakukan," pungkas Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat.

Dalam sowan ke jajaran DPRD Kota Malang ini, Pj Wali Kota Malang didampingi Sekretaris Daerah, dan beberapa OPD.

Dari pihak legislatif hadir menyambut yakni ketua, wakil ketua dan beberapa anggota DPRD Kota Malang.