Musrenbang RKPD dan RPJPD Jember 2025 Penguatan Keberdayaan Masyarakat

Musrenbang RKPD dan RPJPD Jember 2025 Penguatan Keberdayaan Masyarakat
Bupati Jember membuka Musrenbang 2025.(Foto : Humas Pemkab Jember for Narasinews.id)

JEMBER, NARASINEWS.ID- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Jember 2025, juga difokuskan penguatan keberdayaan masyarakat. 

Hal itu tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Jember  2025 - 2045.

Dalam tema RKPD 2025, terungkap penguatan keberdayaan masyarakat dalam bidang sumberdaya manusia (SDM), infrastruktur dan investasi daerah yang berkelanjutan. 

Melalui tema tersebut, rancangan prioritas Pemerintah Kabupaten Jember fokus dalam mengurangi kemiskinan, meningkatkan kemudahan investasi, perluasan lapangan kerja, dan meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

"Kita terus melanjutkan pekerjaan kita, capaian sudah ada, tentang kemiskinan yang turun, pertumbuhan kita naik, dan lainnya sudah bagus," kata Bupati Jember Hendy Siswanto, usai membuka Musrenbang di Aula PB Sudirman Pemkab Jember, Rabu (27/3/2024). 

Bupati mengaku, karena jabatan tidak sampai 5 tahun, jadi banyak pekerjaan yang masih belum maksimal. Namun, Pemkab Jember akan lebih fokus, agar anggaran yang terbatas ini bisa maksimal dan dampaknya bisa dirasakan. 

"Memang tidak bisa semuanya, karena kita bagi anggaran itu. Waktu juga terbatas, tidak sampai 5 tahun saya jabat," ungkapnya. 

Namun yang jelas, Bupati menyatakan, capaian Pemkab Jember sudah di bawah Jawa Timur dan pertumbuhan sudah di atas atau lebih tinggi dari Jawa Timur. 

"Pertanian, pendidikan dan utamanya kesehatan menjadi prioritas kami. Infrastruktur tetap jalan, kita memerlukan anggaran besar, akan kita lakukan bertahap," tegasnya.(gik/Adv)