Mendag Dorong NU Bentuk Ekosistem UMKM

"Pameran NU yang digelar selama lima hari ini merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Nahdliyyin,”beber Achmad Muzammil

Mendag Dorong NU Bentuk Ekosistem UMKM
Ketua PCNU Kota Kraksaan, Probolinggo, KH. Achmad Muzammil menghadiri acara Expo NU. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO - Nahdlatul Ulama (NU) didorong untuk membentuk ekosistem UMKM oleh Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan. Tujuannya warga Nahdliyyin semakin kuat dan sejahtera.

"Tentu harus dibangun ekosistem pendukung UMKM yang dipadukan dengan ritel modern,” kata Mendag pada pembukaan Expo NU yang diselenggarakan oleh PCNU Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (18/02/2023).

Zulkifli, ingin NU terus mempromosikan ekonomi kerakyatan. Agar mampu berdaya dan digdaya. Jika di abad ke 1 adalah perjuangan, maka NU membangun perekonomian di abad ke 2. Sehingga warga Nahdliyyin semakin sejahtera. 

"Beralihlah ke lembaga keuangan untuk mendapatkan modal dengan bunga rendah. Dan tentunya harus didorong untuk go digital, masuk market place dan lainnya," tambahnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Kraksaan, KH. Achmad Muzammil, mengatakan, sebanyak 60 UMKM binaan NU hadir dalam expo tersebut. Mereka berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Kraksaan dari 18 hingga 23 Februari.

"Pameran NU yang digelar selama lima hari ini merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Nahdliyyin,”bebernya.

Kegiatan ini, kata Kiai Muzammil, merupakan salah satu misi NU sebagai organisasi sosial. Ia menjelaskan NU memiliki kewajiban untuk melindungi agama, umat, dan negara. 

Expo NU, kata Kiai Muzammil, merupakan bagian dari misi melindungi masyarakat dari segi ekonomi. "Ini bagian dari program penguatan ekonomi nasional. Oleh karena itu, kami berharap kegiatan Expo NU dapat meningkatkan perekonomian warga Nahdliyyin," imbuhnya.

Pembukaan pameran yang bertepatan dengan Kirab Panji NU dan Jalan Sehat Bareng Kiai. Ini tentu saja menarik minat pembeli. Dagangan pelaku UMKM laris manis dibeli. "Saya sangat senang dengan adanya pameran ini karena saya tahu potensi daerahnya, UMKM mana saja yang ada,”pungkasnya.

Di tempat yang sama, salah satu warga Kota Kraksaan. Dini Rahmania, menjelaskan produk UMKM yang ditampilkan di Expo NU mulai dari kerajinan, makanan, dan minuman kreasi warga Kabupaten Probolinggo. 

"Seperti durian dari Desa Watu Panjang Krucil, ternyata citarasanya tidak kalah dengan buah durian dari daerah lain," tuturnya. (*) 

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi