Layanan Adminduk Terintegrasi, Dari Jebol Anduk ke Suling Sakti

"Kegiatan ini dilaksanakan usai salat subuh bersama Bupati Malang. Dokumen Adminduk yang diberikan meliputi Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Pindah, KTP-el, KIA (Kartu Identitas Anak) dan IKD (Identitas Kependudukan Digital)," beber Harry Setia Budi

Layanan Adminduk Terintegrasi, Dari Jebol Anduk ke Suling Sakti
Mobil layanan administrasi kependudukan banyak diakses warga masyarakat Desa Sengguruh Kepanjen

MALANG, NARASINEWS.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang jemput bola untuk  mempersingkat layanan secara terintegrasi.

Salah satunya gerakan salat subuh keliling menyukseskan administrasi kependudukan terintegrasi (Suling Sakti) di Desa Sengguruh, Kepanjen, Malang, Jumat (15/9/2023).

Menurut Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Malang, Harry Setia Budi, kegiatan pelayanan Suling Sakti di Masjid Nurul Islam Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, merupakan pengembangan dari inovasi pelayanan Jebol Anduk (Jemput Bola Administrasi Kependudukan) yang biasanya digelar siang hari.

"Kegiatan ini dilaksanakan usai salat subuh bersama Bupati Malang. Dokumen Adminduk yang diberikan meliputi Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Pindah, KTP-el, KIA (Kartu Identitas Anak) dan IKD (Identitas Kependudukan Digital)," beber Harry Setia Budi, Jumat (15/9/2023) siang 

Pada layanan Suling Sakti Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen ini, Dispendukcapil menerima pengajuan pelayanan adminduk 150 pengajuan.

"Saat Suling Sakti di Desa Sengguruh ini, kami (Dispendukcapil) menerima pengajuan dokumen kependudukan dengan rincian, 117 pencetakan KTP-el, 11 kartu keluarga, 8 KIA, 2 akta kelahiran, 2 IKD dan 10 perekaman KTP-el," jelas Harry.

Harry menambahkan, layanan Adminduk yang bisa dilayani saat kegiatan Shuling di Kecamatan Kasembon ini yaitu, perekaman biomatri KTP yang belum punya KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan akta kematian.

"Untuk mempercepat proses layanan Adminduk tersebut, kami minta masyarakat yang akan mengurus, agar supaya membawa dokumen persyaratan agat kami cepat memprosesnya," imbuh Harry.

Sesuai arahan Bupati Malang agar memberikan kemudahan pelayanan pada masyarakat, Dispendukcapll membuka 29 titik lokasi layanan Adminduk di seluruh Kecamatan Kasembon saat kegiatan Shuling.

"Jadi kami membuka 29 titik lokasi layanan usai kegiatan Shuling tersebut, dan itu sesuai arahan dari Bapak Bupati agar dalam memberikan kemudahan pelayanan pada masyarakat," beber Harry.

Selain  perekaman KTP el di kegiatan Suling Sakti, pihaknya juga melaksanakan perekaman pada SMA dan kejuruan se Kabupaten Malang menyasar pelajar usia 16 tahun ke atas.

"Kami bekerjasama dengan lembaga pendidikan melaksanakan kegiatan di sekolah hingga kini terus berjalan, kemungkinan akhir tahun ini sudah selesai semua," terangnya.

Harry berharap inovasi  Suling Sakti diharapkan dapat lebih memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan dan meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Malang.

"Dengan pelayanan Suling Sakti setiap Jumat pagi ini, untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus adminduk serta meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependdi Kabupaten Malang," tandas Harry Setia Budi.

Kegiatan Suling merupakan program Bupati Malang salat subuh keliling yang diikuti oleh seluruh OPD setiap hari Jumat.

Sedangkan Suling Sakti merupakan program Dispendukcapil dalam memberikan pelayanan adminduk pada masyarakat