Kembangkan Potensi Wisata, Bupati Malang Ingin Bangkitkan Perekonomian Masyarakat

"Dengan mengangkat tema sejarah, jadi satu tahun ke depan, APBD kita, kita arahkan untuk mempromosikan kekayaan sumber potensi sejarah dan keindahan alam di Kabupaten Malang untuk dibangun dan dikembangkan," kata Bupati Malang

Kembangkan Potensi Wisata, Bupati Malang Ingin Bangkitkan Perekonomian Masyarakat
Bupati Malang H.M Sanusi saat memberikan keterangan pada awak media

MALANG, NARASINEWS.ID - Berawal dari satu bangunan bersejarah Candi Kidal di Tumpang, akan digerakkan perekonomian masyarakat.

Dari inspirasi peninggalan sejarah itu akan diangkat untuk mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Malang.

Demikian ditegaskan Bupati Malang HM Sanusi usai launching logo Hari Jadi Kabupaten Malang ke- 1263.

"Dengan mengangkat tema sejarah, jadi satu tahun ke depan, APBD kita, kita arahkan untuk mempromosikan kekayaan sumber potensi sejarah dan keindahan alam di Kabupaten Malang untuk dibangun dan dikembangkan," kata Bupati Malang, Selasa (12/9/2023).

Dengan dikembangkan segala sumber potensi destinasi wisata di Kabupaten Malang ini, Bupati Malang berharap akan membentuk ekonomi instan.

"Jadi kalau sekarang kita buka tempat pariwisata, maka sekarang juga akan menghasilkan, berbeda dengan kalau kita membuka industri itu baru 4 - 5 tahun baru menghasilkan, kalau pariwisata hari ini dibuka hari ini juga bisa mengungkit ekonomi," beber Abah Sanusi.

Seperti diketahui, potensi wisata di Kabupaten Malang sebagian besar berupa keindahan alam dan pantai, maka perlu perlu perbaikan infrastruktur pengunjung sebagai akses masuk menuju tempat wisata.

"Jadi untuk infrastruktur jalan menuju ngliyep sudah kita mulai hari ini (pembangunannya), jalan menuju pantai Balekambang juga dimulai dan jalan menuju pantai industri perikanan Sendangbiru yang seluruhnya merupakan potensi pariwisata di Malang Selatan ini secara bersamaan sudah bergerak dibangun," jelasnya.

Selain pembangunan infrastruktur jalan menuju akses wisata menuju pantai yang ada di Malang selatan, Pemkab Malang berencana akan membangun Alun-alun mall, stadion Kanjuruhan serta perencanaan pembangunan rest area yang terletak di Poncokusumo masuk agenda pembangunan.

"Berikutnya yang akan dibangun Alun-alun mall, stadion Kanjuruhan yang merupakan pusat penggerak UMKM di sekitar stadion Kanjuruhan yang hari sudah mulai dibangun dan pembangunan rest area yang akan dibangun untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Bromo yang dibiayai oleh Kementerian PUPR dengan anggaran kurang 389 miliar, yang rencananya tahun ini juga dibangun," tandas Sanusi.

Dalam memajukan Kabupaten Malang, harus berpijak pada Peraturan Daerah (Perda) tentang APBD yang terformulasikan untuk seluruh kegiatan untuk memajukan dengan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, kesejahteraan sosial dan pariwisata meningkatkan perekonomian.

"Dengan berpijak pada Perda APBD yang didalamnya untuk membangun bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, kesejahteraan sosial dan pariwisata untuk meningkatkan perekonomian," pungkas Bupati Malang HM Sanusi.