Jelang Nataru, Bupati Hendy Sidak Dua Pasar Tradisional

"Kita juga ingin mengetahui tingkat inflasi daerah. Oleh sebab itu, Muspida secara intens melakukan pemantauan harga jual, ketersediaan stok dan kelancaran pasokan sembako," ujar Bupati Jember.

Jelang Nataru, Bupati Hendy Sidak Dua Pasar Tradisional
Bupati Hendy berbincang dengan salah satu pedagang di Pasar Tanjung. (Foto : Diskominfo Jember for Narasinews.id)

Narasinews.id, JEMBER - Bupati Jember, Hendy Siswanto didampingi Kapolres AKBP Hery Purnomo melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Tanjung dan Mangli, Sabtu (10/12/2022). Tujuannya untuk memastikan harga kebutuhan bahan pokok tetap stabil menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru).

Kepada awak media, Bupati yang akrab disapa Jhi Hendy ini menyampaikan, selain itu, tujuan dari kegiatan tersebut juga untuk memastikan stok kebutuhan bahan pokok aman. Mengingat menjelang Nataru biasanya mengalami lonjakan permintaan.

"Kita juga ingin mengetahui tingkat inflasi daerah. Oleh sebab itu, Muspida secara intens melakukan pemantauan harga jual, ketersediaan stok dan kelancaran pasokan sembako," ujarnya. 

Lebih lanjut, Hendy optimis menjelang perayaan Nataru masyarakat Kota Tembakau tidak kesulitan saat berbelanja kebutuhan bahan pokok. "Sehingga kita akan mengadakan rapat dengan tim pengendali inflasi daerah," tegas Bupati yang berlatarbelakang pengusaha ini. 

Di tempat yang sama, Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo, mengungkapkan dari hasil Sidak ini sejumlah komoditi di dua pasar tradisional tersebut terpantau aman. Mulai dari bawang merah, bawang putih, beras, minyak goreng, ayam, telur dan lain sebagainya. 

"Hasil kami dialog dengan para pedagang dan masyarakat yang sedang belanja di pasar, harga dan persediaan bahan pokok pangan normal-normal saja," ucapnya.

Lebih jauh, AKBP Hery menerangkan, Polres Jember turut memantau distribusi penyaluran kebutuhan bahan pokok termasuk minyak goreng. "Kami juga meminta kepada masyarakat untuk tidak ragu melaporkan jika mengetahui adanya oknum penimbun sembako menjelang Nataru," pungkas Perwira Menengah (Pemen) Polri ini. (*) 

*Reporter : Fathur Rozi | Editor : Izzul Muttaqin