DPRD Trenggalek Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2022

DPRD Trenggalek Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2022
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyerahkan LKPJ TA 2022 kepada Ketua DPRD. (Foto : Agus/Narasinews.id)

Narasinews.id, TRENGGALEK - DPRD Kabupaten Trenggalek menggelar rapat paripurna dengan agenda Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Trenggalek Tahun Anggaran 2022 di Ruang Graha Paripurna DPRD setempat, Rabu (29/3/2023).

Ketua DPRD Trenggalek, Samsul yang memimpin langsung rapat tersebut mengatakan, jika hari ini agendanya adalah tentang dokumen LKPJ Tahun Anggaran 2022. "Ini merupakan amanat undang-undang. Di mana DPRD diberi kewenangan untuk melakukan pembahasan LKPj pasca tiga bulan lepas TA 2022.

Samsul menuturkan, salah satu titik prioritas dalam penilaian LKPJ ini dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) hingga LKPD yang diterjemahkan dalam visi dan misi tahunan. "Jadi kita akan mencermati implementasi dari RPJMD dari masing-masing program Bupati," imbuhnya.

Politisi PKB ini menyebut, untuk LKPJ TA 2022, merupakan tahun racovery dampak dari pandemi Covid -19 selama 2019 hingga 2021. Meskipun demikian sudah menunjukkan tren positif.

"Kita sudah lihat, ada peningkatan walaupun tidak signifikan. Misalnya indeks ratio berada pada angka 0,38, lumyanlah,” tandasnya.

Selanjutnya, dia meminta dokumen LKPJ tersebut untuk segera dibahas di tingkat Pansus dengan durasi satu bulan.

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, tidak menampik jika penurunan indikator berada pada Tingkat Pengangguran Terbuka(TPT)

Mas Ipin sapaan akrabnya beranggapan jika TPT dilatarbelakangi adanya transisi pekerjaan masyarakat.“Salah satunya adalah perpindahan kerja daei sektor formal menjadi informal.Mungkin karena di PHK, ” ungkapnya.

Pemimpin muda itu juga menyikapi terkait sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) TA 2022.” Silpa tinggi itu faktornya banyak. Tapi kita akan tetap bagaimana melakukan efisiensi anggaran, dari sisa lelang dan sebagainya. Intinya nanti kita akan anggaran kembali," tegasnya. (*)

*Reporter : Agus | Editor : Fathur Rozi