Dorong Predikat Kabupaten Layak Anak, Pemkab Jember Beri Workshop untuk 947 Guru TK

Dorong Predikat Kabupaten Layak Anak, Pemkab Jember Beri Workshop untuk 947 Guru TK
Bupati Jember Hendy Siswanto (tengah) saat menyemarakkan momen Hari Anak Nasional, Senin 24/7/2023 kemarin. (Foto: Istimewa)

NARASINEWS.ID, JEMBER - Hari Anak Nasional ke-39 yang tepat jatuh pada Minggu, 23 Juli 2023 kemarin, menjadi momentum pemerintah Kabupaten Jember dalam misinya menjadikan Jember sebagai Kabupaten Layak Anak. 

Salah satu upayanya, Pemkab Jember melalui Dinas Pendidikan Jember menggelar workshop literasi numerasi untuk para guru TK se-Kabupaten Jember, di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, pada Senin, (24/7/2023). Workshop itu berlangsung selama tiga hari, dari 24 Juli s/d 26 Juli 2023. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember Hadi Mulyono menyebutkan bahwasannya terdapat 947 tenaga pendidik yang mengikuti workshop tersebut. Dalam pelaksanaannya, workshop itu dikemas melalui literasi belajar bernyanyi menyenangkan yang akan dipandu oleh Om Sinung, seorang praktisi guru PAUD Nasional dari Jakarta.

"Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk meningkatkan juga menciptakan lingkungan yang nyaman bagi anak, mencetak anak berkualitas, memberi edukasi kepada anak maupun orang tua dan mewujudkan Jember menjadi Kabupaten Layak Anak," ungkap Hadi. 

 

Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan bahwa pada Hari Anak Nasional ke-39 Tahun 2023 dengan tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" ini, menjadikan semangat untuk Pemkab Jember untuk terus melakukan perbaikan di bidang pendidikan. Salah satunya dengan memberikan pelatihan bagi tenaga pendidik melalui workshop.

"Saya harap segenap tenaga pendidik mengikuti workshop dengan seksama. Saya juga berpesan agar tenaga pendidik bisa saling rukun, memaafkan satu sama lain dan saling membantu karena hal tersebut menjadi kekuatan yang luar biasa," kata Bupati Hendy, saat membuka workshop, didampingi Bunda PAUD Kabupaten Jember, Kasih Fajarini, beserta segenap undangan. 

Hendy menambahkan, workshop literasi numerasi guru TK itu dirasa sangat perlu untuk para guru TK. Karena di dalamnya memuat berbagai pelatihan yang memberikan pemantapan pola strategi edukasi dengan cara menyenangkan melalui model bernyanyi.

Bupati juga berharap, adanya upaya tersebut semakin menguatkan upaya pemerintah daerah untuk menjadikan Jember sebagai Kabupaten Layak Anak, kini dan seterusnya. "Atas nama Pemkab Jember saya memberikan apresiasi kepada segenap elemen yang telah berdedikasi dalam berbagai upaya kemajuan anak di Kabupaten Jember," pungkas Hendy. (ANG/ADV)