Bupati Hendy Salurkan Bansos, Tinjau UMKM dan Proyek Jalan di Kecamatan Mayang.

"Di setiap lokasi, kami menyerahkan BLT, itu hak mereka. BLT itu diperuntukkan bagi warga yang masuk sistem maupun yang tidak, dan memang belum pernah menerima bantuan sosial dari pemerintah," ujar Hendy.

Bupati Hendy Salurkan Bansos, Tinjau UMKM dan Proyek Jalan di Kecamatan Mayang.
Warga penerima bantuan sembako dari Pemkab Jember. (Foto : Sutrisno/Narasinews.id)

Narasinews.id, JEMBER - Hari libur tidak menghentikan kegiatan Jember Berbagi oleh Pemkab Jember. Libur panjang berbarengan dengan peringatan Hari Paskah ini, Bupati Jember Hendy Siswanto bersama dengan pejabat Pemkab Jember tetap menggelar kegiatan Safari Ramadan yang bertajuk 'Wis Wayahe Jember Berbagi' tersebut.

Bupati Hendy dan sejumlah pejabat Pemkab Jember menggelar kegiatan Jember Berbagi di Kecamatan Balung. Bupati berkunjung ke empat masjid di empat desa di kecamatan tersebut, mulai waktu salat zuhur, asar, magrib hingga isya dan tarawih.

Di Kecamatan Balung, bupati juga mengunjungi sejumlah tempat, seperti ke beberapa pelaku UMKM.

Bupati Hendy juga meninjau lokasi bekas tanah longsor di perbatasan Desa Balung Kulon dan Balung Lor. Bupati Hendy juga membagikan SK kepada GTT dan PTT di Kecamatan Balung.

Kemudian di hari libur Sabtu (16/4/2022), Bupati Hendy dan jajaran pejabat Pemkab Jember mendatangi Kecamatan Mayang, juga dalam kegiatan 'Wis Wayahe Jember Berbagi'.

Dia melaksanakan salat berjamaah mulai dari salat zuhur, asar, magrib dan isya serta tarawih di empat desa berbeda. Yakni mulai dari Desa Sumberkejayan, kemudian Desa Sidomukti, Desa Seputih dan Desa Mayang.

Di semua masjid yang dikunjungi sebagai lokasi Jember Berbagi itu, bupati menyerahkan sejumlah bantuan seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemkab Jember, bantuan tambahan makanan untuk ibu hamil juga pembagian sembako.

"Di setiap lokasi, kami menyerahkan BLT, itu hak mereka. BLT itu diperuntukkan bagi warga yang masuk sistem maupun yang tidak, dan memang belum pernah menerima bantuan sosial dari pemerintah," ujar Hendy.

Nilai BLT itu Rp 200.000 per orang. Di Kecamatan Mayang, ada 359 orang yang menerima BLT tersebut.

Di setiap pidatonya usai salat berjamaah di masing-masing masjid, Bupati Hendy mengajak semua orang untuk berbagi. Dia meminta mereka yang mampu menyisihkan rezekinya untuk diberikan kepada mereka yang tidak mampu.

Selain mendatangi masjid dan tokoh agama, Bupati Hendy juga mengunjungi sejumlah UMKM di Kecamatan Mayang. UMKM yang dikunjungi adalah usaha batik dan produksi tape singkong di Desa Tegalwaru, serta kerajinan rotan di Desa Seputih.

"Kami memang selalu mendatangi pelaku UMKM di setiap kunjungan Jember Berbagi. Tentunya untuk memberi dukungan kepada mereka, serta melihat hal apa yang bisa dibantu oleh pemkab," tegasnya.

Dan selalu tidak ketinggalan, Bupati Hendy selalu meninjau proyek pembangunan jalan memakai sistem anggaran tahun jamak yang di awal tahun 2022 ini masih berjalan.

Di Kecamatan Mayang, titik proyek yang ditinjau bupati adalah ruas jalan Desa Sidomukti dan Desa Tegalwaru. (*) 

*Reporter : Sutrisno