Bupati Hendy Resmikan Pelatihan Asistensi Fasilitator Pelatihan Asisten FKP-Regsosek BPS

"Semoga Asisten Fasilitator yang akan bekerja nantinya, dapat bekerja dengan baik, sesuai dengan data dan fakta di lapangan. Karena ini akan berdampak pada data kita nantinya dalam memetakan perbaikan ekonomi dan pembangunan sosial di masyarakat,”terang Bupati Hendy.

Bupati Hendy Resmikan Pelatihan Asistensi Fasilitator Pelatihan Asisten FKP-Regsosek BPS
Bupati Hendy menyampaikan sambutan dalam acara peresmian Pelatihan Asisten Fasilitator FKP-Regsosek BPS. (Foto : Sutrisno/Narasinews.id)

Narasinews.id, JEMBER - Bupati Jember, Hendy Siswanto membuka pelatihan asistensi fasilitator Pelatihan Asisten Fasilitator Forum Konsultasi Publik Registrasi Sosial Ekonomi (FKP-Regsosek) Badan Pusat Statistik (BPS) Jember, Selasa 11 April 2023. Pelatihan ini akan berlangsung selama dua hari. Yakni 11-12 April 2023. Kemudian mereka akan bekerja pada 02 sampai 21 Mei mendatang.

Bupati Hendy menyampaikan, kegiatan Regsosek ini merupakan upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, maupun satu data. Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien.

Ia meminta para petugas untuk fokus dengan pelatihan dengan harapan nantinya data yang dihasilkan benar-benar mutakhir. "Semoga Asisten Fasilitator yang akan bekerja nantinya, dapat bekerja dengan baik, sesuai dengan data dan fakta di lapangan. Karena ini akan berdampak pada data kita nantinya dalam memetakan perbaikan ekonomi dan pembangunan sosial di masyarakat,”terang Bupati Hendy.

Bupati Hendy juga meminta seluruh Kades, Lurah, Ketua RT dan RW, Camat hingga Kepala OPD untuk bahu-membahu menyukseskan Regsosek ini.“Saya menginginkan data kemiskinan di Jember benar-benar dimaksimalkan," pintanya.

Untuk diketahui, FKP merupakan kegiatan konsultasi dengan tokoh komunitas di wilayah setempat mengenai ketepatan hasil pengelompokan kesejahteraan keluarga. FKP dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi dan kontrol sosial dalam penyusunan basis data.

Tujuan FKP ini adalah memperoleh kesepakatan pada hasil pengelompokan kesejahteraan keluarga Pendataan Awal Regsosek. (*

Reporter : Sutrisno