Belasan Ribu Kader Posyandu Jember Ikuti Jambore di SECABA

“Kalau ada masalah di lapangan, Kader Posyandu yang langsung bertemu dengan tetangga yang bermasalah dengan kesehatan. Dan juga bagaimana Pemkab Jember meneruskan programnya. Kader Posyandu yang bisa langsung merealisasikan konkrik kepada warga sekitarnya,” ucap Hendy.

Belasan Ribu Kader Posyandu Jember Ikuti Jambore di SECABA
Bupati Jember, Hendy Siswanto, menyerahkan santunan ahli waris ketua RT usai membuka kegiatan jambore di Secaba, Senin (10/10/2022). (Foto : Diskominfo Jember for Narasinews.id)

Narasinews.id, JEMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menggelar Jambore Kader Posyandu di lingkungan sekolah calon bintara (Secaba). Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari. Yakni 10 hingga 11 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut diikuti 14.425 Kader Posyandu se-Jember. Sebanyak 1.500 peserta menginap di asrama Secaba. Sedangkan sisanya mengikuti jambore secara daring.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengatakan jambore ini merupakan kali pertama yang digelar pada 2022 ini. Tujuannya untuk melatih para kader agar lebih disiplin. Mengingat mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan masalah kesehatan.

“Kalau ada masalah di lapangan, Kader Posyandu yang langsung bertemu dengan tetangga yang bermasalah dengan kesehatan. Dan juga bagaimana Pemkab Jember meneruskan programnya. Kader Posyandu yang bisa langsung merealisasikan konkrik kepada warga sekitarnya,” ucap Hendy usai membuka kegiatan jambore, Senin (10/10/2022).

Hendy melanjutkan, target dari jambore ini adalah bagaimana para Kader Posyandu bisa melakukan penanganan awal jika ada masyarakat yang mengalami masalah kesehatan. Dan juga mengikat tali silaturahmi antara satu dengan yang lain agar mempunyai satu kekuatan visi dan misi yang sama.

“Saya sampaikan terima kasih banyak kepada Rindam Komandan Jambore Secaba, Rindam V, yang telah memberikan tempat. Sehingga kegiatan bisa berlangsung dengan baik,” tutupnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jember, Lilik Lailiyah, menambahkan selama mengikuti jambore, Kader Posyandu akan dilatih untuk meningkatkan kompetensi skill. Diantaranya, mampu memberikan penyuluhan terbaik kepada warga tentang kesehatan, serta mampu berkomunikasi antar personal untuk mengajak masyarakat berperilaku positif.

“Dan juga mampu menyampaikan pada masyarakat kemampuan pijat untuk peningkatan nafsu makan balita, mampu memberikan bantuan hidup dasar untuk kasus kecelakaan serta emergensi,” pungkasnya. (*)

*Reporter: Zainul Hasan | Editor: Fathur Rozi