Pelajar di Lhoksemawe Jalani Dinul Islam Bulan Ramadan

Pelajar di Lhoksemawe Jalani Dinul Islam Bulan Ramadan
Pelajar SMP Negeri 11 Lhoksemawe mengikuti Dinul Islam. (Foto : Ahmad Mirzda/Narasinews.id)

Narasinews.id, LHOKSEUMAWE - Pelajar SD hingga SMA di Kota Lhoksemawe, Provinsi Aceh, mengisi rutinitas bulan suci Ramadan 1444 Hijriah dengan kegiatan Dinul Islam. Salah satunya seperti para Pelajar SMP Negeri 11 Lhoksemawe yang sangat antusias dalam mengikuti program tersebut sejak tanggal 26 Maret hingga 6 April 2023.

"Antusias siswa sangat luar biasa, karena di setiap kelas,” kata Kepala Sekolah SMP Negeri 11 Lhoksemawe, Asranur, Jumat 31 Maret 2023.

Asranur menjelaska,n Dinul Islam diisi dengan pembelajaran agama sesuai dengan materi yang telah disediakan sekolah maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe.

Sementara, untuk tenaga pengajar, pihak sekolah juga menghadirkan ustadz dan beberapa pihak lain.“Pembelajarannya fokus terkait keagamaan. Jadi dari pertama tadi pembukaan sudah kita isi dengan pembacaan yasin, kultum, salat dhuha, dilanjutkan dengan materi pembelajaran agama,” katanya.

Program tahunan ini dilakukan dalam rangka mengisi proses belajar mengajar selama bulan suci Ramadhan bagi pelajar tingkat  se-Kota Lhokseumawe.

Menurut Asranur, kegiatan Dinul Islam dapat membentuk karakter dan meningkatkan akhlak siswa menuju karakter Islami sesuai dengan keteladanan Rasulullah SAW.

Pihak sekolah juga mengadakan berbagai evaluasi keagamaan pada akhir pelaksanaan Dinul Islam guna meningkatkan motivasi pelajar. Tentu evaluasi sesuai dengan materi yang diajarkan seperti baca tulis Al-Quran, praktek wudhu, praktek salat berjamaah, salat jenazah hingga hafalan surah.

“Apa yang sudah dipelajari, nanti akan dievaluasi pada 21-22 April. Besoknya, pembagian hadiah sekaligus penutupan," ujarnya.

Program Dinul Islam selama Ramadan diharapkan dapat melahirkan pelajar yang berakhlakul kharimah, rajin dan taat beribadah dalam kehidupan, serta menjadi anak yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan agama. (*) 

*Reporter : Ahmad Mirdza | Editor : Fathur Rozi