KPU Kota Probolinggo Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi DPS

"Prosesnya berjenjang, mulai tingkat PPS, PPK, kemudian KPU kabupaten/kota. Setelah ini, rekapitulasi dilakukan di tingkat KPU provinsi,” terang Ahmad Hudri

KPU Kota Probolinggo Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi DPS
Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri membacakan sambutan dalam acara rapat pleno rekapitulasi DPS untuk Pemilu 2024. (Foto : Raphel/Narasinews.id)

Narasinews.id, PROBOLINGGO – Rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat kabupaten/kota, digelar KPU Kota Probolinggo, Rabu (5/4/2023). Dalam rapat pleno tersebut disampaikan, jumlah pemilih di Kota Probolinggo pada Pemilu Tahun 2024 berjumlah 179.924 orang. Dengan tinciannya 87.996 pemilih laki-laki dan 91.928 pemilih perempuan.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri, mengatakan rapat pleno rekapitulasi DPS ini merupakan tahapan yang diperintah undang-undang maupun peraturan KPU. Di antaranya UU 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Penyusunan Daftar Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Sistem Informasi Data Pemilih, hingga Keputusan KPU Nomor 27 Tentang Pedoman Teknis Penyusunan Daftar Pemilih dalam Negeri pada Penyelenggaraan Pemilu.

"Prosesnya berjenjang, mulai tingkat PPS, PPK, kemudian KPU kabupaten/kota. Setelah ini, rekapitulasi dilakukan di tingkat KPU provinsi,” terangnya saat memberikan sambutan. Dalam proses penyusunan DPS. 

Hudri melanjutkan, pihaknya juga membuka ruang saran dan tanggapan dari masyarakat. “Terutama Bawaslu sebagai mitra penyelenggara Pemilu, maupun Parpol dan masyarakat,” katanya.

Usai sambutan, Hudri kemudian memimpin jalannya rapat pleno. Setelah dibuka, komisioner dua periode ini mempersilakan Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Muhammad Derajad membacakan hasil rekapitulasi. Bergantian dengan Komisioner Divisi Sosdiklih, parmas, dan SDM dalam membacakan hasil tersebut.

Dalam rapat pleno tersebut, juga dilakukan perbaikan pada sejumlah data, hasil masukan dari Bawaslu maupun partai politik. “Dalam pleno ini, kami buka ruang pada peserta rapat untuk menyampaikan masukan. Dengan demikian, hasil rekapitulasi ini disepakati oleh pihak-pihak yang terundang,” katanya.

Setelah dibacakan hasil rekapitulasi, Hudri kemudian menetapkan pleno tersebut disaksikan seluruh undangan yang hadir. Di antaranya Bawaslu, pimpinan dan perwakilan partai politik peserta Pemilu Tahun 2024, Polres Probolinggo Kota, Kodim 0820 Probolinggo, PPK, wartawan, dan perwakilan TPS lokasi khusus. Di antaraya Lapas Klas IIB Probolinggo dan pondok pesantren. (*

*Reporter : Raphel | Editor : Fathur Rozi