Universitas Nurul Jadid Paiton Masuk Nominasi Kampus Terbaik Sedunia

Pemeringkatan yang dilakukan dinilai berdasarkan 3 kriteria yakni; Akreditasi, Gelar Sarjana dan memberikan kursus dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan non-jarak

Universitas Nurul Jadid Paiton Masuk Nominasi Kampus Terbaik Sedunia
Potret Universitas Nurul Jadid. (Foto: Istimewa)

NARASINEWS.ID, PROBOLINGGO – Membanggakan. Kata itulah yang mungkin layak disematkan kepada Universitas Nurul Jadid. Bagaimana tidak, kampus yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid ini masuk nominasi kampus terbaik sedunia.

Sekedar informasi, Universitas Nurul Jadid berada di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Umur Universitas Nurul Jadid sendiri sudah berumur lima tahun. Kampus ini dimasukkan ke daftar terbaik ranking dunia oleh UniRank. Setidaknya UniRank merilis 582 kampus asal Indonesia yang memenuhi seleksi daftar ranking dunia. 

Sementara Probolinggo menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki perguruan tinggi yang cukup kompetitif dengan pertumbuhan yang dinamis baik negeri maupun swasta. Sementara UNUJA sendiri sebelumnya berhasil memperoleh sertifikasi ISO untuk dua kategori sekaligus. Yakni ISO 9001:2015 untuk bidang Sistem Manajemen Mutu; dan ISO 21001:2018 untuk bidang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan dan dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) terbaik 4 se-Indonesia.

Berdasarkan laman pemeringkatan UniRank 2023, di Probolinggo sendiri berhasil mencatatkan dua kampus terbaik. Universitas Nurul Jadid berada di peringkat 283 nasional dan 9844 dunia dan Universitas Panca Marga peringkat 389 nasional dan 11495 dunia. Sehingga UNUJA di Kecamatan Paiton berdasarkan pemeringkatan ini menjadi kampus terbaik di Probolinggo Jawa Timur.

Pemeringkatan yang dilakukan dinilai berdasarkan 3 kriteria yakni; Akreditasi, Gelar Sarjana dan memberikan kursus dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan non-jarak.

Dikutip dari Website 4 International Colleges and Universities atau 4ICU adalah suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. 

Selain 4ICU UniRank, AD Scientific Index atau Alper-Doger Scientific Index adalah pemeringkatan tingkat dunia untuk ilmuwan dan perguruan tinggi berdasarkan kinerja publikasi. AD Scientific Index merilis daftar universitas terbaik berdasarkan skala global, regional, dan negara; serta ilmuwan terbaik berdasarkan bidang, negara dan perguruan tinggi.

Berikut adalah daftar peringkat dan prestasi Universitas Nurul Jadid (UNUJA) dari berbagai laman pemeringkatan dunia yang populer dan sering menjadi rujukan universitas dunia:

2022 Peringkat 4 PTNU Nasional versi AD Scientific Index World University Ranking

2022 Peringkat 14 Nasional untuk perguruan tinggi yang berdiri sejak 2010 (AD Scientific Index)

2022 Peringkat 170 Nasional, 2810 regional Asia, 7751 Dunia (AD Scientific Index)

2023 Peringkat 117 Nasional, 2666 regional Asia dan 7463 Dunia (AD Scientific Index)

2023 Peringkat 283 Nasional dan urutan ke 9844 Dunia (4ICU UniRank). *

*Penulis: Raphel

Sumber data: https://www.nuruljadid.net