BerandaNasionalBupatiWow, RSD dr Soebandi Kini Punya Dokter Ahli Jantung, Pemkab Jember Bakal...

Wow, RSD dr Soebandi Kini Punya Dokter Ahli Jantung, Pemkab Jember Bakal Bangun Gedung Khusus

 

Narasinews.idJEMBERRumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi, Patrang, kini memiliki 2 orang dokter ahli jantung. Yakni dr Setiadi Drajad Kurniawan dan Muhammad Zakiy Muntazhar. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dalam meningkatkan layanan bakal membangun gedung khusus untuk ruang operasi jantung, 2022 ini.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan, pelayanan jantung terpadu di RS dr Soebandi ini merupakan bentuk kepedulian bersama. Sebab, di wilayah setempat, penderita jantung ada 15 ribu per tahun. Sayangnya mereka harus pergi ke luar daerah hingga luar negeri untuk berobat. Itupun harus menunggu antrean panjang.

“Penyakit jantung itu sangat berisiko tinggi. Informasi dari rekan-rekan dokter, banyak sekali saudara kita yang belum selesai ditangani. Mereka harus pindah dan ngantre untuk mendapatkan pelayanan. Malah ada yang belum selesai ditangani sudah meninggal duluan,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, kata Hendy, masalah kesehatan harus didahulukan. Soalnya menyangkut nyawa manusia. Jadi prioritas yang lain dalam kebijakan Pemkab harus digeser.

“Itu sebabnya pemerintah harus hadir disitu. Karena Kabupaten Jember memiliki RS di daerah-daerah. Buat apa kita punya RS yang banyak tapi tidak bisa melayani?” tandasnya.

Selain masalah jantung, Hendy juga prihatin dengan penyakit kanser yang juga banyak diderita masyarakat. Itu sebabnya, pada 2021 hingga 2022 ia bakal menyelesaikan pembangunan gedung khusus untuk menangani kedua penyakit itu.

“Tahun ini dan tahun depan kami akan berkomitmen menyelesaikan pembangunan gedung khusus jantung terpadu dan kanser. Gedungnya akan disesuaikan dengan saran dr Heroe Soebroto dan dr Soetomo,” imbuhnya.

RS Agus Soebandi

Kata Hendy, RS Agus Soebandi merupakan RS kelas B yang memiliki jumlah dokter yang cukup banyak. Dan hari ini, Sabtu (14/5), sedang melaksanakan operasi jantung terbuka untuk pertama kalinya.

“Harapannya kedepan, RS Agus Soebandi terus meningkatkan pelayanan di semua penyakit. Dengan jumlah penduduk yang cukup besar, 2,6 juta penduduk, tentunya harus diimbangi dengan adanya RS yang bisa memberikan pelayanan. Terutama penyakit jantung,” tutupnya.

Di sisi lain, direktur RSD dr Soebandi, Hendro Soelistijono menambahkan, terkait operasi jantung pertama kali yang dilakukan itu masih berada di bawah bimbingan dr. Heroe Soebroto dan rekan-rekan. Namun ke depan pihaknya akan terus meningkatkan dengan menangani penyakit jantung yang lebih sulit lagi.

“Tentunya juga masih dalam bimbingan dr. Soetomo. Juga harapannya nanti bisa mencakup semua kasus-kasus jantung yang ada di Jember. Insya Allah, warga setempat tidak perlu lagi pergi ke luar kota atau luar Negeri. Cukup ditangani di Jember saja,” ucapnya.

Terkait kesiapan Pemkab Jember yang bakal mendirikan bangunan dengan tipe one stop service (layanan satu atap), Hendro turut membenarkan. Dengan adanya gedung itu nantinya semua orang mulai dari pelayanan rawat jalan, rawat inap, tindakan operasi, screening, dan yang lainnya, semua ada dalam satu gedung.(nul/ism)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular