BerandaNasionalWarga Dapat Bau, Pejabat Cari Untung dalam Bisnis Limbah Udang Seletreng

Warga Dapat Bau, Pejabat Cari Untung dalam Bisnis Limbah Udang Seletreng

Narasinews.idSITUBONDO– Selain anggota dewan, ternyata juga ada kepala desa di luar Seletreng yang turut andil dalam bisnis penjemuran limbah udang. Menurut informasi yang diterima Narasinews.id, yang bersangkutan adalah Kepala Desa Landangan, Malikul Ma’arif.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, Malikul Ma’arif, mengakui bahwa dirinya juga terlibat dalam bisnis yang tengah disoal warga itu. Bahkan yang bersangkutan juga mengakui bahwa pihaknya tidak mengikuti SOP yang dibuat oleh pihak DLH seperti menjemur menggunakan para-para.

“Tidak dilaksanakan karena tidak ada hujan sekarang. Dan saya di musim penghujan tidak menjemur kepala (udang-red),” jelasnya, Kamis (19/5/2022).

Namun apakah SOP dari DLH hanya dikhsuskan ketika musim hujan saja? Kata Arif tidak. SOP tersebut sejatinya harus tetap dilaksanakan di musim penghujan ataupun kemarau.

“Tapi kan kalau kulit kan tidak bau. Yang bau itu kepala. Dan saya tidak menjemur ketika hujan,” ujarnya.

Lebih lanjut Arif juga meminta jurnalis Narasinews.id untuk mengecek langsung ke lokasi untuk mencari tahu limbah udang siapa yang bau. Karena bukan hanya dirinya yang menjemur limbah udang. Orang lain juga melakukan hal yang sama. Di antaranya anggota DPRD Situbondo, Hadi Priyanto.

“Lebih baik dicek langsung mana yang bau. Itu kan ada empat. Sehingga jelas siapa yang bau. Punya saya ya bau juga, namanya limbah, pasti bau. Saya mengakui ada baunya. Tapi cek yang lebih menyengat punya siapa,” ucapnya.

Sebelumnya, Kades Seletreng, Taufiq Hidayat, menyampaikan terkait pihak-pihak yang aktif atau turut andil dalam bisnis penjemuran udang. Salah satu di antaranya adalah pejabat desa, satu lainnya adalah anggota dewan. Untuk limbah udangnya sendiri, biasanya didapat dari PT PMMP.

“Melalui temen-temen pengepul. Seperti Pak Arif dan Mas Hadi. Dulu ditangani Pak Subahri. Pak Subahri meninggal, sekarang dikelola lagi. Pak Hadi kan dapat juga,” terangnya,  Selasa (17/5/2022). (liz)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular