BerandaNasionalBupatiWah, Seluruh Desa di Kediri Dapat Mobil Siaga, Ini Harapan Sang Bupati

Wah, Seluruh Desa di Kediri Dapat Mobil Siaga, Ini Harapan Sang Bupati

Narasinews.idKEDIRI Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, melaunching program mobil siaga desa di Convention Hall, Simpang Lima Gumul. Dia memastikan mobil tersebut layak digunakan.

Mobil siaga yang diberikan kepada seluruh desa di Kabupaten Kediri ini digunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Kediri dalam mengupayakan peningkatan pelayanan di tingkat desa,” kata Bupati yang akrab disapa Mas Dhito ini.

Pihaknya menyebutkan, hingga 23 Maret 2022, mobil yang sudah diterima oleh desa sebanyak 308 unit dari keseluruhan desa yang ada di Kabupaten Kediri. Di mana total desa yang ada mencapai 343.

Untuk desa yang belum mendapatkan mobil siaga, lanjutnya, akan segera dipenuhi sebelum perayaan hari jadi Kabupaten Kediri yang jatuh pada 25 Maret.

“Jadi masih ada kekurangan sekitar 35 unit. Ini akan kita selesaikan secepatnya. Kalau bisa sebelum hari jadi Kabupaten Kediri pada tanggal 25 Maret,” tandasnya.

Mas Dhito juga mengatakan, pihaknya melihat sendiri bagaimana manfaat mobil siaga untuk desa itu. Beberapa hari yang lalu, Bupati berkacamata ini melihat mobil siaga digunakan untuk mengantarkan warga Desa Dayu, Kecamatan Purwosari ke Rumah Sakit Kabupaten Kediri (RSKK).

Orang nomor satu di Kabupaten Kediri ini barharap mobil siaga bisa digunakan sebagaimana mestinya. Jika terbukti ada pelanggaran dalam penggunaannya, pihaknya bersama Inspektorat tidak segan untuk memberikan sanksi.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyaralat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Sampurno, menerangkan setiap desa mendapatkan alokasi Rp200 juta. Dana tersebut diperuntukkan satu mobil siaga.

“Untuk jenis mobil ditentukan oleh desa, kita (Pemerintah Kabupaten Kediri) tidak mengarahkan maupun memberikan intervensi,” ujarnya.

Sedangkan biaya pemeliharaan ke depan, lanjut Sampurno, dibebankan pada pihak desa. Kemudian nantinya plat nomor kendaraan mobil siaga ini masuk dalam kategori plat merah. (adv/dho/ros).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular