BerandaNasionalUrus Adminduk, Dispendukcapil Jember Minta Warga Jangan Dibuat 'Bola Pingpong'

Urus Adminduk, Dispendukcapil Jember Minta Warga Jangan Dibuat ‘Bola Pingpong’

Narasinews.idJEMBER – Warga setempat kerapkali dibikin repot dalam mengurus administrasi kependudukan (Adminduk) di kantor kecamatan. Bahkan sering dilempar ke sana ke mari seperti bola pingpong.

Hal itu menjadi perhatian khusus Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jember. Sehingga instansi tersebut terus melakukan berbagai inovasi untuk mempermudah warga dalam mengurus Adminduknya.

6 bulan lalu, Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, melaunching aplikasi J-Lahbako di Desa Kemuningsari, Kecamatan Jenggawah. Aplikasi tersebut turut melengkapi adanya layanan online via WhatsApp dan website Dispendukcapil.

“Di beberapa Kecamatan juga sudah bisa melayani warga untuk pengurusan Adminduk. Itu semua untuk membuat Dispendukcapil lebih dekat dengan rakyat,” ujarnya kepada Jurnalis Narasinews.id, Kamis (21/7/2022).

Namun, saat ini masyarakat masih perlu datang ke Kecamatan atau pelayanan Admindukcapil di Jalan Jawa, Dusun Tegal Boto, Desa/Kecamatan Sumbersari, Nomor 18. Santi berharap, kedepannya bukan lagi warga yang datang ke Kecamatan, melainkan petugas yang mendatangi mereka.

“Dengan begitu mereka tidak dibuat pingpong. Bahkan bisa hemat tenaga dan biaya,” bebernya.

Santi memahami mobilitas warga yang tinggi. Kesibukan yang padat itu kadang membuat mereka kadang enggan untuk mengurus sendiri Adminduknya. Sehingga menggunakan jasa orang lain atau calo untuk mengurusnya.

“Kita terus mencari solusi bagaimana warga bisa di permudah. Kita juga perlu bersinergi menyampaikan informasi kepada masyarakat jika pengurusan Admiduk itu gratis,” pungkasnya. (nul/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular