Berita  

Urus Adminduk, Dispendukcapil Jember Imbau Warga Tidak Pakai Jasa Calo

Narasinews.id
Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti. (Narasinews.id)

Narasinews.idJEMBER – Di beberapa wilayah setempat, jasa calo masih menjadi pilihan bagi warga yang ogah mengurus sendiri keperluannya terkait Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Jember, Isnaini Dwi Susanti, mengimbau warga agar mengurus sendiri Adminduknya baik itu di luar jaringan (Luring) maupun online.

banner 400x130

“Apalagi saat ini mengurus Adminduk prosesnya sangat cepat dan mudah. Ditambah lagi dengan beberapa perbaikan yang terus dilakukan. Seperti aplikasi, website, sistem pelayanan, dan lainnya,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan oleh beberapa perangkat desa, Kades. Salah satunya Buhari, Kades Jatimulyo, Kecamatan Jenggawah. Sejak beberapa waktu lalu, perangkat desa sudah tidak melayani pengurusan Adminduk yang menggunakan jasa calo.

“Soalnya kalau ke calo mereka bayar. Itu jelas memberatkan. Padahal pelayanan Adminduk itu gratis. Kan sudah ada J-Lahbako. Jadi tinggal datang ke desa saja sudah bisa dilayani dengan baik Adminduknya” ujarnya, Sabtu (18/6/2022).

Data Jurnalis Narasinews.id, alasan masyarakat menyuruh calo beraneka ragam. Namun rerata, mereka berdalih sibuk pekerjaan shingga tak punya waktu mengurus sendiri.

“Apalagi kalau lewat online. Saya gak ngerti caranya. Jadi minta tolong ke yang paham aja (Calo -red),” ucap warga Desa Seputih, Misnadin. (nul/ros)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.