Uji Coba BK-700 Sukses, Hasil Tanam Dua Kali Lipat

banner 400x130
Bung Karna menunjukkan hasil tanam padi BK 700 di Desa/Kecamatan Kapongan, Senin (23/5). (Foto: Izzul Muttaqin/Narasinews.id)

Narasinews.id, Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi melakukan monitoring hasil uji coba bibit padi BK-700 di Desa Kapongan, Kecamatan Kapongan, Senin (23/5/2021). Dari hasil pengamatan tersebut, varietas baru ini mampu menghasilkan dua kali lipat bulir padi dari biasanya

“Alhamdulillah menurut informasi dari petani ternyata bulirnya benar-benar mencapai 700 butir. Kita ingin mengembangkan bibit ini di beberapa wilayah dengan lahan yang lebih luas,” ucap bupati.

banner 400x130

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini optimis,¬† bibit padi BK-700 itu mampu meningkatkan pendapatan para petani yang ada di Kota Santri. “Kita meyakini kesejahteraan masyarakat bisa tercapai,” tegasnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, ada beberapa evaluasi untuk perbaikan tanaman padi BK-700 tersebut.  Seperti, menambah jumlah bibit dalam satu malai. Demikian juga, saat berbuah (bibit padi BK-700) tidak memiliki daun bendera. Sehingga, burung dengan mudah memakan bulir padi itu.

“Kemarin bibit BK-700 ini memang terbatas. Jadi hasilnya belum maksimal. Di samping itu, tanaman ini tidak memiliki daun bendera. Jadi burung bisa langsung mendarat pada buah padinya,” ucapnya.

Bung Karna menegaskan, pengelolaan bibit padi BK-700 kedepan akan lebih diintensifkan sesuai dengan SOP pertanian. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo telah menyiapkan lahan uji coba yang lebih luas.

“Kita akan kelola lebih intensif sesuai dengan SOP pertanian. Oleh karena itu, pada masa tanam ketiga nantinya ada perluasan¬† lahan. Yakni, sekitar sepuluh hektare lebih yang tersebar di wilayah barat, tengah dan timur Kabupaten Situbondo,” paparnya.

Tak cukup itu, Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini mengaku akan melakukan uji coba varietas bibit padi BK-900. “Kita sudah siapkan bibitnya. Insyaallah segera kita tanam,” tutupnya. (ros/han).

banner 400x130

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.