Terjerat Korupsi, PNS Jember Dipecat

PNS di pecat karena korupsi
Bupati Jember, Hendy Siswanto melakukan konferensi pers di Pendopo Wahya Wibawagraha terkait pemberhentian Bagus Wantoro sebagai PNS. Sebab yang bersangkutan terjerat kasus korupsi Jumat ( 7/1). (Foto : Zainul Hasan/Narasinews.id)

Narasinews.id, JEMBER – Bagus Wantoro, Kepala Seksi Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda di Dinas Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Kabupaten Jember diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS di Lingkungan Pemkab Jember.

Mantan Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) ini telah dinyatakan secara sah dan bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

banner 400x130

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan, pemberhentian tersebut berdasarkan keputusan Mahkamah Agung (MA) tingkat Kasasi nomor 1406K/Pit.Sus/2016, yang diterbitkan pada 2 Mei 2016.

“Sehingga Pemkab Jember memberhentikan saudara Bagus Wantoro secara tidak terhormat. Kemudian seluruh aspek dan kewajiban yang timbul sebagai konsekuensi hukum sepenuhnya menjadi tanggung jawab yang bersangkutan. Dan proses eksekusi sebagai terpidana dalam putusan tersebut, selanjutnya menjadi wewenang lembaga penegak hukum,” ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (7/1).

Hendy menegaskan, kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Bagus Wantoro itu terjadi jauh pada masa sebelum dia menjadi Bupati Jember.

“Tepatnya pada tahun 2016 silam,” singkatnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri Jember mengeksekusi tiga terpidana kasus korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan Jember 2010 lalu, yakni Soegeng B Resobo, Sudjarwono, dan Malai Sondi.

Mereka sudah mendekam di Lapas Kelas II A Jember, Kamis (16/9/2016).

Pasca ketiganya dibui, muncul kabar masih ada satu terpidana lain yang belum dieksekusi atau belum ditahan. Tak lain adalah Bagus Wantoro, yang perannya saat itu selaku PPK.
Akibat ulah mereka negara dirugikan Rp 6,1 miliar.

Namun anehnya, dalam putusan yang ditandatangani oleh Hakim Mahkamah Agung, (Alm) Artidjo Alkostar pada 2 Mei 2016 lalu, Bagus Wantoro tak kunjung ditahan.(nul/ros).

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.