BerandaNasionalTekan Angka Stunting, DP3AKB Jember Gelar Giat J-Komandan

Tekan Angka Stunting, DP3AKB Jember Gelar Giat J-Komandan

Narasinews.idJEMBER – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jember, menggandeng Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi, menggelar pelayanan medis operasi wanita yang dikemas dalam program kontrasepsi mantap dan aman (J-Komandan), Minggu (17/7/2022). Tujuannya untuk menekan tingginya angka stunting di Kota Tembakau.

Kepala DP3AKB Jember, Suprihandoko mengatakan, program tersebut merupakan upaya Pemkab Jember dalam mencegah stunting dari hulu. Sehingga generasi yang akan datang menjadi generasi yang berkualitas sesuai yang di harapkan.

“Dengan mengatur jarak kehamilan di harapkan bisa menghasilkan bayi yang berkualitas. Selain itu, perpanjangan kehamilan maupun kelahiran juga bisa mengurangi risiko kematian ibu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala RSD dr Soebandi, Hendro Soelistijono menambahkan, program itu juga melibatkan beberapa elemen. Yakni Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Kodim 0824 Jember, Dinas Kesehatan Jember, dokter profesional dari RSPAD di Jakarta, dan tim medis yang diambil dari Lanut Iswahjudi Magetan.

“Kegiatan dilaksanakan dalam rangka pemasangan kontrasepsi mantap dan aman bagi para ibu dengan cara dilakukan medis operasi wanita. Hal ini berguna untuk mengurangi angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI/AKB -red),” tutupnya.

Data yang dihimpun, program J-Komandan berlangsung di RSD dr Soebandi, 16 Juli 2022.

Calon sasaran sebanyak 163 orang dari 30 kecamatan. Namun yang lolos sebanyak 132 orang. Sedangkan tidak lolos sebanyak 31 orang, dengan alasan, hipertensi 20 orang, TBC 1 orang, hamil 1 orang, obesitas 4 orang, dan tidak datang 5 orang.

Pendaftaran dibuka pukul 07.00 WIB. Pelayanan operasi dimulai pukul 09.00 hingga 15.30 WIB. Untuk observasi SP dimulai pukul 16.30 WIB.

 

Semua peserta pulang dalam kondisi sadar baik dengan pengawalan para koordinator masing-masing kecamatan. (nul/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular