Berita  

Strategi Dispendukcapil Jember Dekati Rakyat

Narasinews.id
Kadispendukcapil, Jember, Isnaini Dwi Susanti. (Narasinews.id)

Narasinews.idJEMBER – Saban hari, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jember berusaha mendekatkan diri kepada masyarakat dengan berbagai layanan terobosan. Seperti meningkatkan layanan di desa, layanan via WhatsApp maupun website Dispendukcapil, dan safari ke beberapa pesantren.

Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, di satu kesempatan juga sering menyampaikan, pihaknya tak henti-hentinya melakukan berbagai inovasi sistem digitalisasi, seperti J-Lahbako. Sambil lalu melakukan perbaikan pada semua sistem yang telah berjalan.

banner 400x130

“Kami punya J-Lahbako di desa. Semua itu dibuat agar masyarakat semakin mudah dalam mengurus Adminduk (Administrasi Kependudukan -red),” ujarnya.

Kendati demikian, pemerataan sistem digitalisasi J-Lahbako masih belum merata. Ada beberapa desa masih belum bisa menikmati layanan tersebut. Salah satunya Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari.

“Sementara ini warga saya kalau mau ngurus Adminduk, seperti KK, Surat Keterangan (Suket), dan lain-lain, masih ke Kecamatan. Karena di desa saya J-Lahbako belum sampai,” ucapnya Kepala Desa (Kades) Lampeji, Ary Wahyudi, kepada Jurnalis Narasinews.id, Senin (20/6/2022).

Pria yang akrab disapa Pak Yud ini berharap, kedepan pihaknya bisa bekerjasama dengan Dispendukcapil untuk menjajal aplikasi J-Lahbako yang digadang-gadang bisa mempermudah pelayanan di desa. Supaya warga tidak perlu repot-repot ke Kecamatan atau kantor Dispendukcapil lagi.

“Mudah-mudahan kedepan kami bisa bekerjasama dengan Dispendukcapil. Sementara pelayanannya (Adminduk -red) manual saja dulu,” pungkasnya. (nul/ros)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.