BerandaNasionalSosialisasi P3DN, Pemkab Situbondo Gandeng Kejari

Sosialisasi P3DN, Pemkab Situbondo Gandeng Kejari

Narasinews.idSITUBONDO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelar sosialisasi dan koordinasi pelaksanaan dan pengawasan peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) untuk pengadaan barang dan jasa, Selasa (7/6/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Lantai II Pemkab.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Situbondo, Syaifullah mengatakan, tujuan dari acara tersebut guna menumbuhkan kecintaan kepada tanah air. “Dimana untuk pesertanya diikuti oleh PA, KPA, PPK di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Lingkungan Pemkab Situbondo,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Situbondo, Nauli Rahim Siregar menjelaskan, tujuan lain dari acara tersebut adalah untuk meningkatkan utilisasi nasional yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi industri. Sehingga mampu bersaing di pasar dunia.

“Juga meningkatkan kesempatan kerja, mengurangi ketergantungan pada produk luar negeri, dan menghemat devisa negara,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nauli menerangkan, selain OPD, P3DN juga wajib kepada badan usaha milik daerah (BUMD). “Itu sesuai dengan PP nomor 29 tahun 2018, tentang kewajiban penggunaan produk dalam negeri,” tegasnya.

Untuk itu, Nauli menyampaikan, pihaknya siap melakukan pendampingan hukum kepada pemerintah daerah apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan PDN. Hal itu sesuai dengan Inpres nomor 2 tahun salah satunya melibatkan Kejaksaan Agung.

“Sehingga Jaksa Agung menginstruksikan kepada seluruh Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri untuk melakukan itu,” tutupnya. (ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular