BerandaNasionalSelama Lebaran, Laka Lantas di Jember Tembus 50 Kasus, Kerugian Capai Rp48,7...

Selama Lebaran, Laka Lantas di Jember Tembus 50 Kasus, Kerugian Capai Rp48,7 Juta

Narasinews.idJEMBER – Selama musim lebaran hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di Kabupaten Jember tembus 50 kejadian. Peristiwa tersebut melibatkan 76 kendaraan dan 66 korban. Sedangkan untuk kerugian materil ditaksir mencapai Rp48.700.000.

Data yang dihimpun Jurnalis Narasinews.id itu terhitung sejak tanggal 2 sampai 11 Mei 2022.

76 kendaraan itu dengan rincian; kendaraan roda dua sebanyak 66 unit, mobil keluarga 6 unit, bus 1 unit, mobil angkutan barang 2 unit, dan kendaraan tidak bermotor (sepeda -red) 1 unit.

Sedangkan korban keseluruhan sebanyak 66 orang. 3 orang meninggal, 3 orang luka berat, dan 60 orang luka ringan.

Kanit Laka Polres Jember, Ipda Kukun Waluwi mengatakan, Laka Lantas yang terjadi disebabkan oleh beberapa hal. Rata-rata karena pengendara lalai dalam mengemudi.

“Ada yang langsung terobos saat belok, terobos saat menyalip, ceroboh terhadap lalu lintas di depan, gagal jarak aman, mengabaikan hak jalur pejalan kaki, tertidur atau kelelahan, dan yang lainnya. Sehingga menyebabkan Laka lantas,” ucapnya kepada Jurnalis Narasinews.id, Rabu (11/5/2022).

Ipda Kukun melanjutkan, saat ini pandemi Covid-19 sudah mulai melandai. Aktivitas warga berlahan kembali normal. Sehingga pengendara yang berlalu lalang semakin padat.

“Bersamaan dengan itu, kedepannya masyarakat diharapkan agar lebih berhati-hati lagi saat berkendara. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Selain itu, kata Ipda Kukun, warga hendaknya meningkatkan kesadaran untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jangan lupa kenakan helm agar tidak terjadi pendarahan apabila terjaduh atau mengalami benturan di bagian kepala.

“Kesehatan pengendara juga perlu diperhatikan. Jangan memaksakan berkendara kalau tubuh sedang kurang sehat. Sebab itu bisa mempengaruhi keselamatan di jalan. Kesiapan kendaraan juga penting di perhatikan. Pastikan kendaraan yang digunakan sudah diperiksa terlebih dahulu kondisinya,” pungkasnya.(nul/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular