BerandaNasionalSampah Busuk Menggunung, Warga Emosi Sebut Kades Tak Peduli Lingkungan Sehat

Sampah Busuk Menggunung, Warga Emosi Sebut Kades Tak Peduli Lingkungan Sehat

Narasinews.idJEMBER – Tumpukan sampah di pinggir jalan Desa/Kecamatan Jenggawah, tepatnya sebelah utara wisata gunung “I Love Jenggawah”, saban hari menimbulkan bau busuk yang sangat menyengat. Sehingga mengganggu pengendara dan masyarakat setempat.

Informasi yang dihimpun Jurnalis Narasinewa.id, lokasi pembuangan sampah ini sudah 5 tahun tidak pernah diperhatikan aparat Desa. Bahkan tempat penampungan sementara (TPS) juga tak nampak di sepanjang jalan yang mengarah ke balai desa tersebut.

“Sampai saat ini kepala desa gak pernah turun memantau ngurus sampah bau itu. Imbauan agar tak buang sampah sembarangan tidak ada. Jelas perangkat desa gak peduli lingkungan,” ujar pengendara yang lewat di lokasi, Sabtu (4/6/2022).

Pengendara yang lain, Fathurrahman, meminta aparat desa supaya menertibkan masyarakatnya agar tidak buang sampah sembarangan di pinggir jalan. Selain tidak enak dipandang, juga memicu bau busuk dan mencemari udara. Bahkan bisa mengganggu kesehatan.

“Apalagi lokasinya dekat dengan tempat wisata gunung Jenggawah, perumahan dan kantor desa. Sayangnya gak ada perhatian dari pihak desa,” keluhnya.

Warga Setempat

Sementara itu, Sarmanto, warga setempat mengaku sampah yang bau busuk itu juga akibat jalan yang tak kunjung diperbaiki. Selain penyempitan, warga semakin tidak sungkan membuang sampah di pinggir jalan.

“Kades harus menyediakan tempat sampah. Selain itu jalan sempit. Jika ada mobil simpangan harus berhenti salah satu,” tutupnya.

Pantauan Jurnalis Narasinews.id, Sabtu, pukul 11.02 WIB, kondisi di lokasi sangat memprihatikan.

Jurnalis Narasinews.id juga berusaha mencoba menghubungi Kepala Desa (Kades) Jenggawah, Supardi, via telepon maupun WhatsApp, untuk meminta konfirmasi. Namun sayangnya tidak ada jawaban dari yang bersangkutan.

Di lokasi, Sabtu (4/6/2022), warga setempat ada warga sedang gotong-royong memasang banner imbauan agar tidak merusak, menebang pohon tanpa izin, atau mengambil kayu di hutan lindung gunung Jenggawah.

Termasuk menuliskan pada banner imbauan jangan buang sampah sembarangan di kertas karton.

Uniknya, di kertas karton itu ada tulisan sindiran pedas kepada menyindir kades, berbunyi “Bpk Kades/Aparat Desa Jenggawah hanya peduli DD/ADD, tidak peduli lingkungan bersih & sehat. Ingat! sampah sarang penyakit.”(nul/ism)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular