BerandaNasionalRute Jangkar-Lembar Dibuka, Sopir Truk Angkat Bicara

Rute Jangkar-Lembar Dibuka, Sopir Truk Angkat Bicara

Narasinews.idSITUBONDOKementerian Perhubungan (Kemenhub) RI resmi membuka rute pelayaran Pelabuhan Jangkar-Lembar, NTB, Sabtu (7/5/2022). Kegiatan tersebut ditandai dengan pelayaran perdana KMP Parama Kalyani di rute tersebut.

Dibukanya rute Jangkar-Lembar itu mendapat sambutan positif dari masyarakat. Salah satunya sopir truk asal Mojokerto, Eko. Menurut dia, salah satunya keuntungan dibukanya rute tersebut yaitu jarak tempuh yang lebih dekat bila dibandingkan lewat Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

“Kalau dari sini lebih efektif. Terus juga tidak berbahaya, soalnya tidak melewati alas Baluran,” ucapnya.

Lebih lanjut, Eko optimis rute Jangkar-Lembar banyak diminati oleh masyarakat. “Kalau di sini terwujud, insyaallah bakal rame di sini daripada di Ketapang,” imbuhnya.

Lebih jauh, Eko menyampaikan, untuk fasilitas di Pelabuhan Jangkar dan Pelabuhan Ketapang relatif sama. “Cuman kalau masalah jarak tempuhnya lebih dekat sini daripada Ketapang,” tukasnya.

Eko mengungkapkan, dirinya hampir setiap minggu ke Lembar. “Kalau bisa ya lewat sini (Pelabuhan Jangkar -red) dari pada Ketapang. Soalnya tingkat resikonya di alas Baluran itu kan. Karena jalannya naik turun,” tegasnya.

Bupati Situbondo

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menjelaskan, rute Jangkar-Lembar hanya memakan waktu sekitar 11 jam saja. “Bila dibandingkan dengan Ketapang-Lembar yang memerlukan waktu sekitar 13 jam,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menambahkan, selain itu, para sopir juga bisa menghemat waktu di darat sekitar 1 hingga 2 jam. “Kalau truk lewat jalur Baluran bisa memakan waktu sekitar 2 jam. Tali kalau mobil pribadi hanya 1 jam saja. Sehingga itu juga menghemat biaya BBM,” imbuhnya.

Bung Karna optimis animo masyarakat cukup tinggi untuk menggunakan Pelabuhan Jangkar, khususnya rute Jangkar-Lembar. “Dengan keunggulan waktu dan biaya BBM tadi saya rasa cukup besar. Tapi tetap kita juga perlu melakukan sosialisasi,” pungkasnya. (ros/ism).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular