BerandaNasionalRumah dan Pabrik Kerupuk di Situbondo Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp180 Juta

Rumah dan Pabrik Kerupuk di Situbondo Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp180 Juta

Narasinews.idSITUBONDO – Kebakaran hebat melanda rumah dan pabrik pembuatan kerupuk di Dusun Bataan, Desa Kalimas, Kecamatan Besuki, Senin (18/7/2022) sore. Akibat kejadian tersebut kerugian materil ditaksir mencapai Rp180 juta.

Menurut Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. “Waktu itu Pak RT setempat atas nama Amir melihat kobaran api yang berasal dari gudang penyimpanan kayu bakar (bonggol jagung -red) di samping rumah Ibu Niti, dan pabrik kerupuk milik Hadirik,” ucapnya, Senin (18/7/2022).

Sontak Amir langsung berteriak minta tolong, sehingga pemilik rumah yang saat itu sedang tidur terbangun dan menyelamatkan diri. “Warga setempat yang mendengar teriakkan tersebut langsung mendatangi lokasi kejadian. Dengan peralatan seadanya meraka bahu-membahu memadamkan api,” tukas Puriyono.

Beberapa menit kemudian, satu unit mobil Damkar milik Pemkab Situbondo yang disiagakan di Kecamatan Besuki tiba di lokasi kejadian. “Petugas langsung melakukan pemadaman dan pembasahan di TKP,” beber Puriyono.

Sekitar pukul 05.15 WIB, si jago merah berhasil dijinakkan. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian itu,” terang Puriyono.

Lebih jauh, Puriyono menyampaikan, kuat dugaan kebakaran tersebut berasal dari tumpukan bonggol jagung yang berada di gudang pabrik kerupuk. “Namun untuk penyebab pastinya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” pungkasnya.

Data dari BPBD Situbondo, untuk rumah milik Niti, 77, mengalami kerusakan total. Dengan kerugian sekitar Rp30 juta. Kemudian pabrik pembuatan kerupuk milik Hadirik rusak berat dengan kerugian Rp150 juta. (ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular