Ramai di Medsos, Penipuan Catut Nama Sekdakab Jember

Narasinews.id
Sekda Jember, Mirfano. (Zainul Hasan/Narasinews.id)

Narasinews.idJEMBER– Sepekan terakhir dunia maya ramai membicarakan modus penipuan dengaj mencatut nama Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Ir Mirfano.

Hal itu berawal dari postingan pemilik akun Facebook Rahmad Ardiansyah di group Info Warga Jember (IWJ) Official, Minggu (22/5/2022) pagi.

banner 400x130

Sontak postingan ini hujan komentar dan respon dari netizen. Mayoritas mereka saling mengingatkan dan waspada modus penipuan.

Informasi Jurnalis Narasinews.id, Rahman Ardiansyah meng-upload screenshot percakapan antara dirinya dengan pihak penipu dengan nomor WhatsApp: 0821 1720 8755, yang mengatas namakan Sekdakab, Mirfano.

Percakapan Antara Pelaku Dengan Rahmad

Dalam percakapan itu, pelaku menawari Rahmad akan memberikan memberikan donasi untuk pembangunan lembaga, melalui transfer mobile banking.

Di situ Rahmad mengirimkan nomor rekening miliknya di Bank Jatim.

Selanjutnya, pelaku mengirim bukti transfer Livin by Mandiri dengan status transfer berhasil, dengan nilai Rp35 juta, atas nama pengirim Ir. Mirfano.

Namun, uang yang dikirim pelaku tidak masuk ke rekening Rahmad. Sebab saldo di rekening Rahmad, tak bertambah.

Di sinilah modus dijalankan. Pelaku lantas meminta Rahmad untuk mentransfer balik ke rekening pelaku.

Pelaku pelan-pelan mulai memperdayai Rahmad dengan mengatakan saldo yang dikirimkan ada keterlambatan. Dan pelaku mulai menanyakan saldo rekening Rahmad.

Dengan nada memaksa, pelaku meminta Rahmad untuk mentransfer uang ke panti asuhan dan mengatakan rekening miliknya sedang limit.

“Mohon hati-hati dulur semua. Maraknya penipuan yang mengatas namakan orang-orang di sekitar kita. Pagi ini saya alami penipuan yang mengatas namakan pejabat Pemda dan mau menyalurkan bantuan untuk Masjid yang kami kerjakan saat ini. Kok yoo sek tega yaa menipu untuk pembangunan Masjid yang sedang butuh-butuh dana dalam pembangunan. Nomor telepon masih aktif akhirnya saya kerjain juga sekalian. Salam santuy selalu waspada dulu-dulurku,” tulis Rahmad.

Sementara, Jurnalis Narasinews.id belum bisa menkonfirmasi Sekda, Mirfano. Mengingat hari Minggu sedang libur Dinas.

Di sisi lain, pukul 14.27 WIB, Jurnalis Narasinews.id mencoba menghubungi Kasubag Humas Polres Jember, Brisan, untuk meminta tanggapan. Namun yang bersangkutan belum bisa memberikan tanggapan ataupun keterangan apapun. Sebab sejauh ini masih belum ada laporan ke Polres terkait pencatutan nama pejabat tersebut.

“Seharusnya klarifikasi terlebih dahulu ke Sekda. Kalau Sekda melanjutkan ke Polres, baru saya bisa memberikan imbauan,” ucapnya.(nul/ros)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.